​Mutasi Virus Corona B117 Masuk Indonesia, Gubernur Khofifah Minta Warga Jatim Tenang tapi Waspada | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Mutasi Virus Corona B117 Masuk Indonesia, Gubernur Khofifah Minta Warga Jatim Tenang tapi Waspada

Editor: MMA
Kamis, 04 Maret 2021 19:00 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Foto: ist

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa meminta masyarakat Jawa Timur tetap tenang dan tidak panik soal penemuan mutasi virus Corona B117 UK di Indonesia.

"Saat ini mutasi virus sudah masuk ke Indonesia. Untuk itu, Pemprov Jatim dan masyarakat harus lebih waspada karena mutasi virus ini terbukti lebih menular 70% dibanding yang saat ini beredar. Masyarakat diharapkan tetap tenang dan tetap disiplin terapkan protokol kesehatan," kata Gubernur Jatim Indar Parawansa di sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Ponorogo, Kamis (4/3).

Namun pada saat yang sama, menurut , masyarakat juga harus semakin meningkatkan kewaspadaan karena virus jenis baru terbukti lebih menular 70% dibandingkan virus yang ada sekarang.

Sebelumnya ramai diberitakan bahwa Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono mengumumkan penemuan mutasi virus di Indonesia pada Selasa 2 Maret 2021 melalui kanal YouTube Kemenristek/BRIN. Penemuan itu, didapatkan dari hasil sequencing sampel. Di antaranya dari Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan juga dari Jawa Timur. Mutasi virus tersebut ditemukan di Karawang, dari pasien yang memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

menjelaskan, sampai saat ini belum ditemukan mutasi B117 UK di Jatim. Akan tetapi, Pemprov Jatim akan terus berkoordinasi dengan laboratorium yang bisa melakukan sequencing untuk selalu mengirimkan sampel.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video