​ARPLH dan Pemdes Wonorejo Kediri Siap Ubah Kawasan Sumber Air Bulu Jadi Taman Ficus Nasional | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​ARPLH dan Pemdes Wonorejo Kediri Siap Ubah Kawasan Sumber Air Bulu Jadi Taman Ficus Nasional

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 08 Maret 2021 15:34 WIB

Dari depan: Koordinator ARPLH Kediri dr. Ari Purnomo Adi, Beny Prastya (Tim ARPLH), dan Kades Wonorejo Agus, saat meninjau bakal lokasi Kebun Pusat Ficus Nasional di kawasan Sumber Air Bulu Desa Wonorejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Hidup (ARPLH) bertekad menjadikan sebagai Pusat Ficus Nasional. Untuk mewujudkannya, pada tahap pertama ARPLH menggandeng Pemerintah Desa Wonorejo, Kecamatan Wates, Kabupaten untuk menjadikan kawasan menjadi lahan percobaan.

"Di Sumber Bulu Desa Wonorejo ada lahan seluas 15 meter x 1.000 meter. Kami kira ini sudah cukup sebagai lahan percobaan untuk kebun ficus. Kebetulan Pemerintah Desa Wonorejo sendiri sangat mendukung," kata dr. Ari Purnomo Adi, Koordinator ARPLH , Senin (8/3/2021).

Menurut dr. Ari, setelah kebun percobaan ficus di Sumber Bulu ditanami berbagai jenis ficus, pihaknya juga akan melakukan penanaman pohon ficus di Alas Simpenan Desa Manggis, Kecamatan Puncu.

Ia menjelaskan, pohon ficus bukan hanya beringin, kimeng, dolar, dan sebangsanya. "Ada sekitar 850 spesies ficus yang ada di seluruh dunia. Tapi, khusus di baru ada 34 jenis ficus yang sudah terdata dan siap ditanam di Kebun Pusat Ficus Nasional," imbuh aktivis lingkungan yang juga seorang dokter tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video