Warga Besowo Kediri Temukan Benda Bersejarah Diduga Berasal dari Zaman Kerajaan Singasari

Warga Besowo Kediri Temukan Benda Bersejarah Diduga Berasal dari Zaman Kerajaan Singasari Wibowo, Kasun Besowo Timur, Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri saat menunjukkan salah satu temuan diduga benda bersejarah. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Warga , , Kabupaten menemukan sejumlah yang diduga peninggalan masa Kerajaan Singasari.

Wibowo, Kasun Besowo Timur, , mengatakan bahwa tersebut ditemukan di sejumlah titik. Ada yang ditemukan di kawasan permukiman, dan lahan pertanian milik warga setempat.

"Beragam ini umumnya berupa lingga, yoni, batu segi empat, dan batu segi delapan. Kemudian, ada pula batu bata berukuran besar, mangkok kuno, serta pripin atau kotak penyimpanan abu jenazah. Selain itu, ada sebuah arca berbentuk Ganesha dengan bagian samping berupa bunga wijaya kusuma," kata Wibowo kepada wartawan, Rabu (12/1/2022).

Menurutnya, itu sebenarnya sudah ditemukan sejak dua bulan lalu. Saat itu sejumlah warga menggali tanah untuk bercocok tanam di sawah, tapi tiba-tiba mereka menemukan benda tersebut.

"Dari banyaknya temuan benda ini, maka masyarakat di sini menduga bahwa temuan itu adalah bagian dari sebuah candi. Sebab, lokasi temuannya menyebar dan 2 kilometer dari sini juga ada," imbuh pria yang biasa disapa Bowo ini.

Demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan, maka perangkat telah melaporkan temuan itu kepada petugas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten , , serta Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO