Promosikan ke Tingkat Nasional dan Internasional, Pemkab Pamekasan Siap Gelar Gebyar Batik di 6 Kota

Promosikan ke Tingkat Nasional dan Internasional, Pemkab Pamekasan Siap Gelar Gebyar Batik di 6 Kota Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pamekasan, Achmad Sjaifuddin.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Sebagai upaya memaksimalkan promosi batik di tingkat nasional dan internasional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur akan menggelar gebyar batik di enam kota berbeda selama tahun 2022.

Gebyar batik khas Pamekasan akan digelar di sejumlah kota/kabupaten wilayah Jawa Timur, meliputi Malang, Kediri, Probolinggo, Tuban, Jember, dan di daerah Bali.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pamekasan, Achmad Sjaifuddin, mengatakan bahwa gebyar batik tersebut dilaksanakan untuk memaksimalkan promosi batik khas Pamekasan agar lebih dikenal di tingkat nasional atau bahkan internasional.

"Kenapa Malang? Targetnya adalah segmen pasar kalangan anak muda, karena Malang tempat perguruan tinggi. Sehingga batik yang nanti ditampilkan adalah batik bernuansa anak muda, dan kekinian," terang Achmad Sjaifuddin kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (14/1/2022).

Menurutnya, semua daerah yang dipilih menjadi tempat pelaksanaan gebyar batik tersebut sesuai dengan target pasar. Misalnya Probolinggo atau Bromo, tempat tersebut bernuansa advanture. Demikian juga dengan Jember, ada pusat fashion, Jember Fashion Festival, serta ada komunitas batik fashion Jember.

"Rencana gebyar di Malang dan Kediri akan dilaksanakan pada akhir bulan Maret. Di Bromo bulan Juni, Jember dan Tuban rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juni hingga Agustus," terang mantan kadisporabud ini.

Simak berita selengkapnya ...