Ada yang Terjangkit DBD, Dinkes Pamekasan Fogging Pendopo Ronggosukowati dan 32 Kantor OPD Serentak

Ada yang Terjangkit DBD, Dinkes Pamekasan Fogging Pendopo Ronggosukowati dan 32 Kantor OPD Serentak Dinkes Pamekasan saat melakukan fogging di seluruh OPD.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kesehatan melakukan  untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD). Pengasapan ini dilakukan setelah ada masyarakat yang terjangkit penyakit yang disebabkan gigitan Aedes Aegypti tersebut.

Pelaksanaan yang pertama kali difokuskan ke seluruh kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pendopo Ronggosukowati Kabupaten .

Pelaksanaan di kantor OPD dan pendopo itu dilaksanakan serentak dan dipantau langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr. Syaifuddin.

"Hari ini kita melaksanakan instruksi bapak bupati untuk melaksanakan di seluruh OPD yang ada di Kabupaten ," katanya, Jumat (21/01/2022).

Syaifuddin mengatakan bahwa pihaknya melakukan secara serentak tujuannya untuk antisipasi adanya kasus DBD.

"Hari ini kan intensitas hujan mulai tinggi, sehingga genangan air mulai banyak. Kita awali sekaligus mengedukasi masyarakat untuk elminasi, membunuh jentik-jentik termasuk nya untuk mengurangi penyebab DBD," jelas dr. Syaifuddin.

Selain kantor-kantor OPD, wilayah di pedesaan juga akan dilakukan .

"Puskesmas nanti akan mendata jika ada kasus maka akan dilakukan survei, kalau sudah ada masyarakat yang terserang panas dan gejalanya mengarah ke demam karena DBD, maka kita akan segera melakukan ," tuturnya.

Ia menjelaskan, bahwa penyebab DBD mempunyai kemampuan terbang sejauh 200 meter. "Jadi, titik sumbernya kita cari dan segera dilakukan dengan jarak 200 meter untuk memutus penularannya," pungkasnya. (dim/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO