Kadisbudparpora Kota Kediri Akui Museum Airlangga Simpan Bukti Sejarah Panji-Galuh

Kadisbudparpora Kota Kediri Akui Museum Airlangga Simpan Bukti Sejarah Panji-Galuh Zachrie Ahmad, Kepala Disbudparpora Kota Kediri saat menunjukkan relief yang menggambarkan cerita Panji. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bagi masyarakat sudah tidak asing dengan eksistensi cerita Panji dan Galuh. Sebagai identitas budaya asli Kediri, Panji-Galuh patut untuk dipahami oleh masyarakat .

Beruntung, Museum Airlangga menyimpan salah satu bukti sejarah cerita Panji yang terawat apik di salah satu sisi kebanggaan ini.

Zachrie Ahmad, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) membenarkan hal tersebut. Ia mengonfirmasi bahwa di Museum Airlangga yang terletak di Jalan Lingkar Maskumambang, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, ini menyimpan salah satu bukti sejarah cerita Panji.

“Benar, di Museum Airlangga ada salah satu relief yang ditemukan di Kediri. Saat ini bukti sejarah tersebut terawat dengan baik dan dapat dilihat serta dipelajari oleh seluruh masyarakat yang berkunjung ke ,” ucapnya, Senin (24/1).

Sementara saat dikonfirmasi mengenai sejak kapan relief tersebut berada di Museum Airlangga, Zachrie mengatakan sejak berdiri.

“Awalnya relief tersebut dan beberapa peninggalan sejarah lain tersimpan di Alun-Alun . Kemudian, kami pindahkan ke yang ada di area Taman Tirtoyoso . Seiring bertambahnya waktu, begitu juga dengan jumlah koleksinya, sehingga di tahun 1991 Museum Airlangga resmi berdiri dan semua koleksi kami pindahkan pula, termasuk relief panji tersebut,” terangnya.

Sebagai informasi, secara umum relief tersebut diyakini sebagai bagian dari sepenggal fragmen cerita Panji Semirang. Dalam relief tersebut tergambarkan ada 7 sosok tokoh. Diyakini sosok dengan hiasan kepala (tekes) adalah sosok Panji dengan pengawalnya yang sedang berhadapan dengan sosok Panji Semirang yang diyakini sebagai penjelmaan Dewi Sekartaji yang sedang mengembara kabur dari kerajaan. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO