Peringati Hari Kanker Sedunia, Ketua YKI Kota Kediri Ajak Masyarakat Lakukan Pemeriksaan Dini

Peringati Hari Kanker Sedunia, Ketua YKI Kota Kediri Ajak Masyarakat Lakukan Pemeriksaan Dini Survivor kanker payudara, Yohana Rinjani, bersama Ketua YKI Kota Kediri, Ferry Silviana Abu Bakar, saat Talkshow bertajuk penanganan kanker.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ketua (YKI) cabang Kota Kediri, Ferry Silviana Abu bakar, mengajak para perempuan dan masyarakat untuk melakukan skrining kesehatan pada organ-organ pentingnya.

Ketua dan dinas kesehatan (Dinkes) setempat menyelenggarakan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Periksa Payudara Klinis (Sadanis) gratis pada peringatan , Jumat (4/2).

Pemeriksaan IVA dan Sadanis merupakan langkah untuk melakukan deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara. Pelayanan gratis ini bisa didapatkan di seluruh puskesmas se-Kota Kediri.

Ferry Silviana Abu bakar atau yang akrab disapa Bunda Fey ini meninjau langsung pelaksanaan pemeriksaan IVA dan Sadanis gratis di Puskesmas Pesantren II Kota Kediri. Istri Wali Kota Kediri itu mengungkapkan harapannya kepada masyarakat untuk memiliki kesadaran tinggi dalam memeriksakan diri guna menghindari salah satu penyakit mematikan di dunia.

Menurut dia, kanker payudara dan kanker serviks sampai saat ini masih menjadi pembunuh pertama untuk para perempuan. Bunda Fey mengimbau kepada mereka untuk tidak perlu takut ketika diperiksa karena semua penyakit kanker difasilitasi BPJS, dan dapat disembuhkan.

“Ayo ikut , secara rutin karena itu bisa mencegah kanker serviks,” ujarnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO