Bupati Arifin Minta DKP Trenggalek Bisa Tingkatkan Ekonomi dan Tanggulangi Kemiskinan Ekstrem

Bupati Arifin Minta DKP Trenggalek Bisa Tingkatkan Ekonomi dan Tanggulangi Kemiskinan Ekstrem Bupati Arifin roadshow safari di DKP Trenggalek. foto: HERMAN/BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) memaksa Bupati melakukan roadshow safari ke beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Sasaran safari kali ini adalah Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten .

Dalam keterangannya seperti yang dirilis oleh Dokpim Pemkab , Bupati Arifin meminta agar DKP mampu memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan ekonomi dan menanggulangi kemiskinan ekstrem.

Terkait keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemkab , Arifin menyampaikan bahwa pihaknya akan berupaya memberikan dampak yang besar.

"Sebagai contohnya seperti program yang tidak lagi berupa hibah, namun bisa dengan semacam lomba budidaya dan sebagainya," kata  Arifin dalam paparannya, Senin (7/2).

Masalah peningkatan retribusi kata dia bisa diupayakan dengan cara lomba, di mana pesertanya adalah para nelayan itu sendiri.

"Jadi indikatornya siapa nelayan yang tertib retribusi, tertib menjaga kebersihan di lingkungan TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Nanti kita beri skor, mungkin nanti ke depan kita kasih program lebih dibandingkan yang lain,” imbuhnya.

“Nah, ini yang kita dorong karena kita secara fiskal sempit tetapi kita ingin setiap yang kita lakukan itu bisa merubah mindset, merubah paradigma untuk baik di perikanan tangkap maupun perikanan budidaya bisa naik,” jelasnya..

Selain memberikan pelayanan, Dinas Perikanan juga diharapkan bisa menjadi revenue center atau pusat pendapatan. Alasannya, kata Arifin, karena banyak aset pada Dinas Perikanan yang memiliki nilai ekonomis untuk bisa dikerjasamakan.

“Atau bisa mendapatkan revenue atau PAD yang lebih, kalau PAD-nya tambah tentu nanti bisa kita belanjakan untuk pelayanan ke masyarakat lebih besar lagi,” harapnya. (man/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sakit Hati Gara-Gara Diselingkuhi Istri, Rumah ini Dihancurkan Suami':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO