Dandim 0819 Pasuruan Apresiasi HPN 2022

Dandim 0819 Pasuruan Apresiasi HPN 2022 Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Inf Nyarman.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com Pasuruan, Letkol Inf Nyarman, mengapresiasi peringatan Hari Nasional (HPN) tahun ini. Pasalnya, pers sebagai pilar demokrasi ke-4 berperan besar dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam hal pembangunan, sekaligus menjaga kondisi bangsa dalam keadaan kondusif.

Menurut Nyarman, negara sangat membutuhkan kehadiran pers dengan prespektif yang jernih dan turut berperan dalam melawan hoax dan ujaran kebencian yang mengancam perpecahan bangsa di tengah pesatnya perkembangan zaman dan penyebaran informasi yang tak terbatas.

" harus bisa menciptakan masyarakat yang sehat dalam mencerna informasi. Oleh sebab itu, ekosistem media harus dilindungi dan diproteksi sehingga masyarakat mendapatkan konten berita yang baik. Saat ini pers sudah seharusnya mengambil peran sebagai perekat anak-anak bangsa. Mampu membangun komunikasi yang mempersatukan bangsa, mengikis polaritas yang terjadi, dan menjauhkan dari narasi-narasi yang memecah-belah," ujarnya, Rabu (9/2).

Upaya tersebut, kata Nyarman, bisa dilakukan dengan menyajikan informasi yang kredibel, akurat, bermanfaat, dan berkualitas di tengah perkembangan teknologi, terutama informasi yang sangat cepat melalui media sosial. Ia berharap, perayaan HPN kali ini bukan sekadar seremonial, namun lebih diutamakan pada implementasi di lapangan.

" harus bisa menjadi tempat verifikasi berita yang beredar di masyarakat. Karena, faktanya media sosial juga memberi informasi yang terkadang kredibilitas narasumber dan akurasi data yang disajikan tidak jelas," paparnya.

"Artinya pers Indonesia membangun dirinya semakin ideal, terpercaya, mampu menyajikan solusi-solusi dan membangun persepsi publik terhadap permasalahan yang terjadi," tuturnya menambahkan. (par/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO