Untari: Pers Memiliki Peran Penting dalam Perjalanan Sejarah Bangsa Indonesia

Untari: Pers Memiliki Peran Penting dalam Perjalanan Sejarah Bangsa Indonesia Dr. Sri Untari Bisowarno, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pers memiliki peranan penting dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Sejak masa pra kemerdekaan hingga saat ini, pers telah turut andil dalam berbagai peristiwa besar dalam menyampaikan informasi yang cepat, akurat, dan objektif ke seluruh penjuru tanah air.

Oleh sebab itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Jawa Timur, meminta kepada insan pers dalam perayaan Hari Pers Nasional () tahun 2022, untuk selalu berpegang teguh terhadap kode etik jurnalistik, sebagaimana diamanahkan dalam UU Nomor 40 Tahun 1999.

"Dalam kesempatan ini, saya sebagai pelaku gerakan koperasi, tokoh partai, dan anggota DPRD Provinsi Jatim, memberikan apresiasi yang tinggi kepada insan pers nasional, yang telah ikut bekerja di dalam membangun iklim demokratisasi yang baik di Indonesia," kata Sri Untari, Kamis (10/2/2022).

Untari mengungkapkan, di era digitalisasi pers dihadapkan pada banyak tantangan. Terutama terkait bias informasi, seperti maraknya informasi hoax yang menimbulkan perpecahan di tengah-tengah masyarakat dewasa ini.

Karena itu, ia meminta agar pers mampu menjaga objektivitas. Dengan begitu, mampu menjadi penengah dalam upaya menetralisir persebaran informasi hoax yang berkembang di tengah masyarakat.

Sehingga, lanjut Untari, pers memiliki peran yang sangat strategis ketika dapat memberikan informasi yang tepat, objektif, dan diperkaya dengan beragam referensi yang bisa memperkaya pemahaman juga pengetahuan masyarakat.

"Kita (pemerintah dan Ppers) saling mendukung untuk bisa memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan demokratisasi yang dilandaskan kepada prinsip keterbukaan," terangnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO