Top! Tahura Raden Soerjo Jatim Raih Nilai Efektivitas Tertinggi se-Indonesia

Top! Tahura Raden Soerjo Jatim Raih Nilai Efektivitas Tertinggi se-Indonesia Infografis*

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo Jawa Timur (Jatim) berhasil meraih nilai efektivitas tertinggi se-Indonesia. Prestasi ini sebagaimana Surat Direktur Pengelolaan Kawasan Konservasi Nomor S.282/KSDAE/KK/KSA.1/01/2022 tanggal 10 Januari 2022 tentang Hasil Penilaian Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi Tahun 2021.

Berdasarkan hasil penilaian efektivitas pengelolaan kawasan dengan menggunakan instrumen METT (Management Effectiveness Tracking Tools) yang dilakukan oleh Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem , untuk tahun 2021 Tahura Raden Soerjo memperoleh nilai 82 persen.

"Nilai ini merupakan nilai tertinggi efektifitas pengelolaan Tahura se Indonesia yang berjumlah 38 Tahura," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (24/2).

Ia mengatakan bahwa nilai METT tertinggi tahun 2021 ini mengulangi prestasi yang pernah diraih Tahura Raden Soerjo pada tahun 2019 lalu dengan nilai METT 77 persen yang juga merupakan nilai tertinggi dari efektifitas pengelolaan Tahura se Indonesia pada saat itu.

"Nilai efektifitas pengelolaan Tahura Raden Soerjo mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni sebesar 5% jika dibandingkan dengan raihan nilai tahun 2019," tuturnya.

Menurut Khofifah, capaian ini menjadi salah satu ukuran keberhasilan penyelenggaraan urusan kawasan hutan konservasi yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. Ia menuturkan, peningkatan nilai METT yang diraih merupakan indikator dari kualitas dan efektivitas pengeleloaan Tahura Raden Soerjo sebagai kawasan konservasi yang menunjukan mengalami peningkatan dan kemajuan cukup signifikan.

Artinya, lanjut Khofifah, fungsi Tahura Raden Soerjo untuk menjamin proses-proses ekologis sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan dalam hal pengatur tata air dari DAS Brantas dapat dipertahankan. Melalui pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, Tahura Raden Soerjo juga merupakan penyedia jasa lingkungan berupa sumber air yang dimanfaatkan oleh 47 HIPAM dan PDAM untuk memenuhi air bersih untuk kebutuhan air rumah tangga

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO