Cegah Abrasi, Kodim 0811/Tuban Tanam Ribuan Mangrove di Sepanjang Pesisir

Cegah Abrasi, Kodim 0811/Tuban Tanam Ribuan Mangrove di Sepanjang Pesisir Suasana ketika penanaman mangrove di sepanjang pesisir pantai utara Kabupaten Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 2 ribu lebih pohon mangrove ditanam di sepanjang pesisir . Kegiatan penghijauan tersebut diinisiasi /Tuban dan Korem 082/CPYJ bersama stakeholder dalam rangka HUT ke-73 Kodam V/Brawijaya yang dipusatkan di , Jumat (4/3).

Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf Suhada Erwin, mengatakan bahwa aksi penghijauan dengan tanam pohon mangrove di wilayah pesisir untuk mencegah terjadinya abrasi air laut. Sementara penanaman ribuan pohon mangrove dilakukan secara serentak di dua titik, seribu pohon ditanam di Pantai Mangrove Desa Jenu, Kecamatan Jenu, dan seribu pohon di Desa Margosoko, Kecamatan Bancar, seluas 2 hektare.

"Dengan penanaman pohon Mangrove secara serentak di jajaran Kodam V/Brw merupakan bentuk antisipasi untuk mengurangi abrasi serta menjaga kelestarian lingkungan hidup khususnya di wilayah Kab. Tuban," ujarnya.

Ia menuturkan, semakin banyak tanaman mangrove yang ditanam di pesisir pantai dapat menciptakan ekosistem baru dan menarik biota laut. Dengan adanya ekosistem baru di wilayah pesisir dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi generasi penerus guna menambah ilmu pengetahuan khususnya ekosistem laut di wilayah pesisir.

''Mudah-mudahan pohon yang kita tanam bisa bermanfaat dan bisa menjadi motivasi kelompok masyarakat maupun perusahaan untuk terus meningkatkan upaya-upaya pengelolaan, perlindungan lingkungan hidup serta sarana edukasi dengan adik-adik mahasiswa untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan asri," tuturnya.

Sementara itu, Danrem 082/CPYJ, Kolonel Inf Unang Sudargo, menyebut kegiatan penanaman mangrove secara serentak merupakan program dari Kodam V/Brawijaya sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dalam program pembinaan lingkungan hidup TA 2022.

"Dengan ditanamnya pohon mangrove di sekitar lokasi bibir pantai ini untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, mengurangi abrasi laut dan tempat berlangsungnya hidup biota laut," kata Unang.

Menurut dia, kawasan hutan mangrove merupakan salah satu tempat yang paling nyaman untuk beberapa jenis mahluk hidup dan organisme, seperti udang, ikan, dan kepiting banyak berkembang biak di kawasan hutan mangrove. Agenda penghijauan ini juga dihadiri Ketua DPRD Tuban, Miyadi; Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana; dan sejumlah elemen masyarakat lainnya.

“Dengan di tanamnya pohon mangrove dapat menjadikan sumber pendapatan bagi nelayan, pengembangan Kawasan pariwisata serta dapat memberikan dampak ekonomi yang luas," tutupnya. (gun/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO