Poktan Berhasil Olah Limbah Sapi Jadi Biogas dan Pupuk, Bupati Kediri Beri Apresiasi

Poktan Berhasil Olah Limbah Sapi Jadi Biogas dan Pupuk, Bupati Kediri Beri Apresiasi Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat mengecek ternak sapi. (Ist).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kelompok tani program pengembangan desa korporasi sapi di Kabupaten Kediri berhasil olah jadi dan pupuk organik. Hal itu dilakukan banyaknya limbah yang dihasilkan dari peternakan sapi dan dikhawatirkan menimbulkan pecemarn lingkungan.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengapresiasi keberhasilan kelompok tani program pengembangan desa korporasi sapi tersebut. Ada lima kelompok tani yang berhasil menjalankan program tersebut,sah satunya adalah Kelompok Banjarsari, Desa Banjarejo, Kecamatan Ngadiluwih yang sudah membuat untuk gas kompor, lampu, hingga magic jar. eski demikian orang nomor satu di Kabupaten Kediri ini meminta kepada kelompok tani untuk terus berinovasi dan mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki.

Dari 200 sapi yang didapatkan tiap kelompok tani harus ada kerja keras dan ide kreatif untuk mengatur segala aspek yang dimiliki. Selain mengolah limbah kotoran ini, kelompok tani juga diharapkan mampu membagi kerja di setiap unit sehingga dapat memanage sapi-sapi yang didapatkan agar lebih berkembang.

“Selain mengolah limbah, harus juga dipikirkan bagaimana mendapatkan off taker untuk hasil dari pengembangan desa koorporasi sapi,” tandas panggilan akrab Bupati Kediri.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Tutik Purwaningsih mengatakan, limbah terbesar dari budidaya sapi adalah kotoran. Pihaknya menyebutkan, tiap kandang komunal per-hari bisa mencapai 20-25 kilogram kotoran yang dihasilkan.

“Bisa dibayangkan dari ratusan sapi harus benar-benar dipikirkan pengolahannya, seperti yang dikatakan oleh . Sehingga tidak akan terjadi polusi di masyarakat sekitar,” kata Tutik.

Tutik menerangkan di koorporasi sapi ini sudah disediakan instalasi . Sedangkan untuk limbah padat yang dihasilkan, lanjutnya, kelompok tani akan memproses limbah tersebut untuk diolah menjadi pupuk organik.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO