Bupati Tampilkan Parade Cikar saat Peringatan HUT Kabupaten Kediri ke-1218

Bupati Tampilkan Parade Cikar saat Peringatan HUT Kabupaten Kediri ke-1218 Cikar yang sudah siap mengikuti parade dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Kediri ke-1218. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, bakal mengadakan dalam rangka memperingati HUT ke-1218.  atau merupakan alat transportasi kuno yang biasa digunakan masyarakat pedesaan untuk mengangkut hasil bumi dan hingga kini keberadaannya masih banyak ditemui di .

Hal tersebut dilakukan pertama kalinya saat usia bertambah. Parade cikar digelar sebagai wujud apresiasi Bupati Kediri kepada masyarakat yang telah melestarikan moda tranportasi kuno itu.

" ini moda tranportasi tradisional yang patut dilestarikan. Menariknya di cikar masih banyak yang nguri-nguri," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Minggu (20/3).

Penampilan dalam peringatan HUT tahun ini diharapkan dapat diketahui generasi milenial yang mana sejak dulu nenek moyang menggunakan alat transportasi kuno itu. Dengan , menunjukkan menjadi pusatnya peternak sapi dari dulu. 

"Untuk parade itu, kita menggandeng paguyuban cikar di Kediri," kata Dhito.

Di masyarakat pedesaan, cikar biasa digunakan untuk mengangkut hasil panen seperti padi, jagung, bahkan digunakan untuk mengangkut pasir, batu termasuk pupuk kompos. Pemandangan semacam itu bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat di .

Perwakilkan dari yang digandeng mengikuti , Pradika Ipung Hariyanto, mengaku senang karena paguyuban bajingan kediri (sebutan untuk pengendali sapi pada cikar) dilibatkan untuk meramaikan HUT ke-1218.

Meski sapi yang digunakan untuk menarik cikar itu sudah terbiasa melewati jalan raya, untuk mempersiapkan acara itu, latihan pun tetap dilakukan. Sapi yang digunakan untuk menarik cikar itu jenis peranakan ongole (PO) dan brahman.

"Teman-teman dari paguyuban menyambut baik bisa ikut dilibatkan dalam Hari Jadi . Kami berharap melalui parade ini cikar yang menjadi alat transportasi warisan nenek moyang ini dapat terus dilestarikan," kata Pradika.

Sesuai rencana, itu akan diadakan pada 25 Maret 2022 dengan penampilan 18 cikar. -cikar tersebut akan berangkat dari Kecamatan Pagu menuju , rute itu diambil salah satunya karena jalan yang dilalui lebar dan tidak terlalu ramai kendaraan. (kominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO