Dukung Program 100 Desa Wisata, Wabup Trenggalek Gandeng Saka Pariwisata

Dukung Program 100 Desa Wisata, Wabup Trenggalek Gandeng Saka Pariwisata Wabup Trenggalek Syah Natanegara saat menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Saka Pariwisata Masa Bakti 2021-2026 . foto: HERMAN/BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Saka Pariwisata Masa Bakti 2021-2026 digelar di kawasan wisata Gua Biru, Desa Sengon, Kecamatan Bendungan, Kabupaten , Kamis (24/03/2022).

Wakil Bupati yang sekaligus sebagai Ketua Kwarcab Kabupaten dalam sambutannya menyampaikan, Pramuka itu ada di segala bidang, ada di segala lini, dan ada di mana-mana.

"Kalau kata Pak Mahsun (Ismail, Ketua Harian Kwarcab Pramuka ) Pramuka ada di mana-mana tapi tidak ke mana-mana," terangnya.

Oleh karena itu, ia berharap kepada para Pramuka yang memiliki minat di dunia pariwisata agar bisa bersinergi dan mengelola kawasan wisata sebaik mungkin dengan Dinas Pariwisata .

Lebih dari itu, kata dia, secara terpisah dengan adanya sinergitas antara Pramuka dan Dinas Pariwisata diharapkan bisa mendukung program 100 Desa Wisata yang menjadi program andalan Pemkab saat ini.

Syah menerangkan ketika 100 Desa Wisata tercipta dan dikunjungi wisatawan maka dengan sendirinya akan mampu menggerakkan roda perekonomian di desa.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Drs. Sunyoto mengatakan, dengan terbentuknya Saka (Satuan Karya) Pariwisata merupakan peluang bagi Dinas Pariwisata untuk bersama-sama membangun pariwisata di Kabupaten .

"Jadi ini adalah sebuah peluang bagi Dinas Pariwisata untuk bersinergi dengan para pemuda untuk membangun pariwisata di ," ucapnya.

Adapun pembekalan yang akan diberikan pada Saka Pariwisata meliputi, cara menjadi guide, pembekalan sapta pesona, cara membangun desa wisata, dan cara mengolah kuliner. "Ini nanti mereka akan memiliki kemampuan lengkap," jelasnya. (man/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sakit Hati Gara-Gara Diselingkuhi Istri, Rumah ini Dihancurkan Suami':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO