Bintang TikTok Menjeng Kimhoa Ramaikan Pagelaran Seni Budaya Perayaan Hari Jadi Kediri

Bintang TikTok Menjeng Kimhoa Ramaikan Pagelaran Seni Budaya Perayaan Hari Jadi Kediri Bintang TikTok dengan akun @MenjengKimhoa1289 saat memberi sambutan didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Adi Suwignyo. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bintang TikTok dengan akun @MenjengKimhoa1289, ikut merayakan Hari Jadi Kabupaten ke-1.218. Kimhoa yang ternyata Seniman Jaranan itu, sengaja diundang Bupati Hanindhito Himawan Pramana untuk tampil bersama kelompok jaranannya, di halaman Pendopo Panjalu Jayati, Sabtu (26/3/2022) kemarin.

Penampilan Menjeng Kimhoa dalam pagelaran seni budaya itu merupakan realisasi janji Mas Dhito, sapaan akrab Bupati Hanindhito Himawan Pramana, sebagaimana yang disampaikan saat bertemu Februari 2022 lalu. Menjeng Kimhoa bersama kelompok jaranan yang diikuti pun tampil sebagai pembuka dalam pagelaran seni budaya yang disiarkan live streaming itu.

Menjeng yang dikenal karena mempopulerkan kata "Masseh" dengan penyebutan khasnya dalam kesempatan itu pun menyampaikan terima kasih kepada Mas Dhito karena diberi kesempatan tampil.

"Selamat Hari Jadi buat Kabupaten yang ke-1.218, semoga semakin sukses. Terima kasih buat Mas Bupati ," ucap Menjeng.

Dalam pagelaran itu selain Jaranan Rogo Samboyo Kaliboto Tarokan yang diikuti Menjeng Kimhoa, juga ditampilkan enam grup kesenian seperti jaranan klasik termasuk kesenian Tiban. Tampilnya Menjeng Kimhoa dalam pagelaran itu pun menjadi penyemangat bagi pelaku seni khususnya dari kalangan muda.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Adi Suwignyo mengatakan bahwa pagelaran seni budaya dalam rangka Hari Jadi Kabupaten ke-1.218 pada tahun 2022 diadakan sejak awal Maret. Puncaknya digelar di depan Pendopo Panjalu Jayati dengan merangkul semua pelaku seni.

"Kesenian tradisional yang sudah mulai punah seperti jaranan jawa klasik, kesenian Tiban yang mulai punah kita bangkitkan. Kesenian ini tidak kalah menarik, seperti jaranan klasik ini sebagai cikal bakal dari jaranan yang sekarang kita ketahui," tuturnya.

Sejalan dengan visi misi Bupati terkait pengembangan seni budaya, melalui kegiatan pagelaran seni budaya yang diadakan, diharapkan generasi muda, kaum millenial lebih mencintai seni budayanya sendiri. (uji/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO