Terus Upayakan HET Minyak Goreng Curah Rp14 Ribu, Pemkab Jember Konsisten Gelar Operasi Pasar Murah

Terus Upayakan HET Minyak Goreng Curah Rp14 Ribu, Pemkab Jember Konsisten Gelar Operasi Pasar Murah Ilustrasi minyak goreng curah.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Safari Ramadan yang telah dilakoni Pemkab sejak Senin (11/4/2022) lalu, terus mengupayakan ketersediaan bagi masyarakat dengan harga eceran tertinggi (HET) sesuai keputusan pemerintah, yaitu pada harga Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kg.

Sedangkan minyak goreng kemasan kini harganya melambung karena pemerintah melepas harga sesuai dengan mekanisme pasar. Pemkab dalam operasi pasar murah, menjual hanya dengan harga Rp20.000 per liternya.

Kepala Dinas Perdagangan  Bambang Saputro mengungkapkan bahwa operasi pasar murah itu bakal secara konsisten di setiap harinya, dengan 3 titik di setiap kecamatan, menyediakan sedikitnya 3 ton minyak goreng.

“Operasi pasar murah minyak goreng ini dilakukan pada 3 titik tiap harinya, yaitu setelah Sholat Dzuhur, Ashar, dan Maghrib. Menjual sebanyak 3 ton,” ungkap Bambang.

Ia mengaku bahwa pasar murah itu bekerja sama dengan PT Rajawali Nusindo, sehingga distribusi dan pengupayaan ketersediaan minyak goreng dapat berjalan lancar.

“Wes wayahe (sudah waktunya) berbagi. Hari ini bupati hadir, setiap hari ke setiap kecamatan menggelar operasi pasar ini bekerja sama dengan PT Rajawali Nusindo, selaku distributor minyak goreng dari BUMN,” ujar Bambang.

Dengan harga yang ditawarkan oleh pemkab dalam operasi pasar , pihaknya berharap masyarakat dapat terbantu atas kelangkaan di pasar-pasar tradisional. Kalaupun ada, harga pasaran ada pada kisaran harga Rp18.000 hingga Rp20.000. Oleh sebab itu, pemerintah juga berupaya menggelar operasi pasar ini di pasar-pasar tradisional.

“Tambahan, besok pagi (JUmat, 15/4) direncanakan dari Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), selaku salah satu distributor minyak di jember, juga akan melaksanakan operasi pasar minyak goreng sebanyak 8 ton di Pasar Tanjung,” tambahnya. (yud/bil/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO