Bupati Kediri Minta Dispertabun Cek Penyebab Berkurangnya Lahan Pertanian Rosella

Bupati Kediri Minta Dispertabun Cek Penyebab Berkurangnya Lahan Pertanian Rosella Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat menyerahkan CSR BUMD kepada pelaku UMKM di Pendopo Panjalu Jayati. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta dinas pertanian dan perkebunan (dispertabun) untuk mengecek penyebab menurunnya luasan lahan .

Hal itu menindaklanjuti laporan Rinawati, pelaku UMKM olahan , saat penyerahan corporate social responsibility (CSR) dari badan usaha milik daerah (BUMD) bagi pelaku UMKM Kabupaten Kediri di Pendopo Panjalu Jayati, Rabu (20/4/2022).

Rinawati mengeluhkan adanya penurunan jumlah petani dan produksi akibat berkurangnya lahan pertanian hingga mencapai 75 persen. Hal ini menyebabkan produsen olahan seperti dirinya ini kekurangan bahan baku.

“Pemerintah bisa memberikan arahan ataupun usulan kepada petani dan menjanjikan harga yang bagus sehingga pasokan kembali stabil,” harap Rinawati kepada Bupati Dhito.

Menanggapi keluhan tersebut, Dhito berjanji akan menyiapkan solusi. Bahkan ia langsung menginstruksikan dispertabun untuk melakukan kajian untuk menelusuri penyebab menurunnya luasan lahan pertanian .

“Tolong diteruskan ke Pak Anang selaku kepala dispertabun. Kita harus bertahan dan tidak mengurangi kapasitas (produksi ),” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Kabupaten Kediri ini juga menyerahkan bantuan alat produksi yang dapat mendorong pengembangan UMKM.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO