Petrokimia Gresik Siapkan 8.600 Paket Sembako yang Ditukar dengan Sampah Plastik

Petrokimia Gresik Siapkan 8.600 Paket Sembako yang Ditukar dengan Sampah Plastik Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo, saat menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada masyarakat. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com kembali membagikan sembako kepada masyarakat sekitar perusahaan, Rabu (20/4/2022). Menariknya, perusahaan memberikan syarat bagi penerima bantuan berupa menukarkan sampah plastik di lingkungannya untuk mendapatkan paket sembako secara gratis.

Kali ini, sebanyak 8.600 paket sembako senilai Rp700 juta disiapkan untuk masyarakat di delapan desa/kelurahan. Pemberian sembako itu juga untuk membantu masyarakat menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, sekaligus golden anniversary pada bulan Juli mendatang.

Direktur Utama (Dirut) , , memastikan hal tersebut. Ia menjelaskan bahwa, program ini sekaligus menjadi wujud peringatan Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April setiap tahunnya.

"Kami tidak hanya memberikan bantuan sembako secara cuma-cuma, tapi juga mengajak masyarakat untuk bijak dalam mengelola sampah plastik, sehingga masyarakat bisa menikmati manfaat ganda," ujarnya setelah menyerahkan bantuan secara simbolis di .

"Melalui program ini, para penerima bantuan harus menukar lima sampah botol plastik untuk setiap paket sembako. Sampah plastik yang terkumpul kemudian akan dikelola oleh Bank Sampah binaan di masing-masing wilayah," tuturnya menambahkan.

Dwi mengungkapkan, capaian Propernas Emas yang diraih akhir tahun lalu menjadi motivasi tersendiri bagi perusahaan untuk terus meningkatkan standarisasi program di bidang lingkungan. Di mana program Penukaran Sampah Plastik dengan Sembako Gratis ini menjadi salah satu implementasinya.

"Ini merupakan aksi kecil, namun kami berharap program ini dapat menginspirasi masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan 3R, yakni Reuse (menggunakan kembali), Reduce (mengurangi), dan Rescycle (mendaur ulang) sampah yang masih dapat didayagunakan," paparnya.

Sementara itu, setiap paket sembako yang dibagikan terdiri dari 3 kg beras, 1 liter minyak goreng dan 5 bungkus mi instan. Bantuan tersebut dibagikan untuk masyarakat Ngipik (495 paket), Sukorame (925 paket), Karangturi (930 paket), Karangpoh (875 paket), Tlogopojok (1.500 paket), Kroman (875 paket), Lumpur (1.500 paket) dan Desa Roomo (1.500 paket).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO