Jelang Lebaran 2022, Gubernur Khofifah Pastikan Stok dan Suplai Bahan Pangan Aman

Jelang Lebaran 2022, Gubernur Khofifah Pastikan Stok dan Suplai Bahan Pangan Aman Gubernur Khofifah saat sidak di Pasar Legi, Kabupaten Ponorogo.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Paranwansa, memastikan bahwa stok bahan kebutuhan pokok di wilayahnya aman menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 H. Ia mengungkapkan hal tersebut saat menggelar sidak guna memantau harga sekaligus ketersediaan berbagai bahan pokok di Pasar Legi, Kabupaten Ponorogo, Senin (25/4/2022).

"Jadi pada dasarnya stok aman, suplai aman. Stok cukup, suplainya bagus, kecuali minyak goreng," ujarnya.

Ia mengakui, terjadi kenaikan untuk komoditi tertentu menjelang lebaran 2022, tetapi beras dan gula stabil. Khofifah memastikan, kenaikan harga tidak terlalu menggelisahkan dan dirasa masih normal, mengingat menjelang lebaran kecuali minyak goreng.

"Saya cek harga daging ada kenaikan Rp5-10 ribu untuk kualitas premium. Kemudian daging ayam ada kenaikan Rp2-3 ribu di atas HET. HET-nya Rp35 ribu, kemudian daging ayam di sini dijual Rp37-38 ribu," tuturnya.

Hal berbeda terjadi di komoditi cabai, cabai merah mengalami kenaikan Rp3-5 ribu per kg. Sedangkan Cabai rawit cenderung mengalami penurunan harga.

"Cabai rawit cenderung harganya turun, cabai merah tiga hari ini mengalami kenaikan sampai dengan Rp3-5 ribu," ungkapnya.

Kemudian, yang menjadi perhatian lainnya adalah stok dan supply minyak goreng. Gubernur Khofifah mengatakan bahwa pada dasarnya stok ada tetapi harga mengalami penyesuaian cukup signifikan.

"Yang jadi PR kita adalah harga minyak goreng yang di seluruh Indonesia mengalami kenaikan yang harus dimaksimalkan dengan mendistribusikan migor curah," kata Khofifah.

Simak berita selengkapnya ...