Jelang Puncak Arus Mudik Lebaran: Armada Bus Dicek Kelayakan, Puluhan Sopir Jalani Tes Urine

Jelang Puncak Arus Mudik Lebaran: Armada Bus Dicek Kelayakan, Puluhan Sopir Jalani Tes Urine Sopir dan kru mengikuti tes urine yang disiapkan oleh BNNK Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Aparat gabungan yang terdiri dari BNNK, Satreskoba Polres, dan Dishub Kabupaten Tuban melakukan pengecekan terhadap puluhan angkutan penumpang jelang Hari Raya Idul Fitri 2022.

Sedikitnya 40 armada bus jalur antar kota antar provinsi (AKAP) di Terminal Kambang Putih Tuban menjalani pemeriksaan untuk memastikan kelayakan jalan, Kamis (28/4/2022). Sedangkan sopir dan kru mengikuti tes urine yang disiapkan oleh BNNK Tuban.

Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana, menjelaskan pengecekan armada dan tes urine bagi kru menjadi kegiatan rutin setiap tahun dalam rangka menyambut lebaran idul fitri.

"Sasarannya sopir dan kondektur angkutan umum dan kelayakan kendaraannya. Kemudian dilaksanakan sampling tes urine dan hasilnya semua negatif," ucap Made.

Menurutnya, tujuan tes urine ini untuk mencegah adanya sopir atau kondektur di bawah pengaruh narkoba atau miras saat perjalanan. Sebab, hal itu bisa membahayakan penumpang.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':