Menu Mewah Tapi Gratis, Inilah Catatan Buka Puasa di Masjid Nabawi Madinah

Menu Mewah Tapi Gratis, Inilah Catatan Buka Puasa di Masjid Nabawi Madinah Inilah salah satu pemandangan menjelang buka puasa di Masjid Nabawi Madinah. Mereka duduk rapi menunggu buka puasa. Foto: Antara/ Aji Styawan

MADINAH, BANGSAONLINE.com Anda pernah umroh pada bulan suci Ramadan? Atau belum pernah sama sekali? Jika Anda umroh pasti berkunjung ke Masjid Nabawi Madinah. Salah satu keistimewaannya, tentu Anda sudah tahu. Bahwa salat di Masjid Nabawi mendapat pahala 1.000 kali lipat. Selain itu, pada Ramadan Anda bisa menikmati takjil gratis dengan aneka menu mewah di Masjid Nabawi Madinah.

Penasaran? Nah, simak tulisan M Mas’ud Adnan, wartawan HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com yang pernah umroh pada bulan suci Ramadan. Selamat membaca:

Saya bersyukur pernah umroh pada bulan suci Ramadan. Tepatnya Juni 2018. Bersama Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. Yaitu pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto.

Warga Madinah memiliki kebiasaan mulia. Yaitu menyajikan takjil kepada jamaah yang salat di Masjid Nabawi Madinah. Sore, menjelang buka puasa, mereka mengangkut makanan dan minuman dari rumah masing-masing. Diantar ke masjid Nabawi Madinah yang kini dilengkapi payung raksasa otomatis.

Kebanyakan mereka adalah anak remaja laki-laki. Mereka anak-anak dari warga Madinah yang oleh para orang tua mereka ditugasi untuk mengantarkan makanan dan minuman kepada para jamaah Masjid Nabawi. Terutama jamaah umroh.

Tradisi itu bukan hanya di Masjid Nabawi Madinah. Tapi di semua masjid, baik besar maupun kecil, di Madinah. Setiap saya ke masjid-masjid di kawasan Madinah selalu menemui takjil tertata rapi di dalam masjid maupun di teras masjid.

(Pelataran Masjid Nabawi Madinah yang dipenuhi payung raksasa otomatis. foto: okezone.com)

Takjil itu ditata rapi di atas alas plastik yang berbentuk panjang sehingga tak mengotori masjid. Nanti setelah selesai dimakan dan diminum, alas plastik itu langsung digulung dengan sisa makanan yang masih tersisa. Dengan demikian langsung bersih, tak ada ceceran makanan atau minuman.

Yang istimewa, makanan dan minuman itu beraneka macam. Enak dan mewah. Kita tinggal milih, mana yang kita suka.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan':