Menko PMK Tinjau Korban Perosotan di RSUD dr Soetomo dan Soewandhie

Menko PMK Tinjau Korban Perosotan di RSUD dr Soetomo dan Soewandhie Menko PMK, Muhadjir Effendy, saat menjenguk korban ambrolnya perosotan air Water Park Kenjeran, Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menjenguk korban ambrolnya perosotan air di Water Park Kenjeran, Surabaya. Ia membesuk para korban yang mendapat perawatan di RSUD dr Soetomo dan RSUD Soewandhie bersama Gubernur Khofifah dan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

"Sore ini saya bersama ibu Gubernur Jawa Timur dan Wali Kota Surabaya menjenguk anak-anak dan beberapa orang yang kemarin mengalami insiden di Kenpark. Kami ingin ngecek kondisinya," ujarnya, Minggu (8/5/2022).

Saat kunjungan pertama, Muhadjir dan rombongan telah menjenguk korban yang dirawat di RSUD Soewandhie. Menurut dia kondisi korban di sana cukup baik.

"Kondisi di sana (RSUD Soewandhie) cukup baik, yang agak berat di sini (RSUD dr Soetomo) tapi InsyaAllah ditangani dokter yang sangat berkompeten sehingga mudah mudahan semuanya bisa terselesaikan dengan baik," tuturnya.

Agar tidak terjadi peristiwa serupa, ia meminta pengelola tempat wisata atau tempat bermain untuk mengecek kondisi wahana yang dimiliki. Pasalnya, saat ini adalah puncak libur Lebaran 2022.

"Tolong dicek kondisi dari wahana yang dipunyai, terutama wahana yang punya risiko. Dicek validasinya dan dicek kondisinya, kalau itu kreatornya dari luar negeri sering dicek agar kondisinya aman," paparnya.

Selanjutnya, petugas diminta benar-benar mengawasi pengunjung yang memakai wahana itu, jangan sampai penggunaannya melampaui atau melanggar prosedur yang seharusnya.

"Apalagi yang mempunyai risiko tinggi, jangan sampai ditinggalkan dan harus betul-betul waspada, namanya anak bermain," kata Muhadjir.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu berharap musibah ambrolnya perosotan air di  Kenpark Surabaya adalah yang terakhir.

Simak berita selengkapnya ...