Balik Mondok, Tiket Kapal Santri di Bawean Disubsidi Dishub Gresik

Balik Mondok, Tiket Kapal Santri di Bawean Disubsidi Dishub Gresik Petugas Kesyahbandaran Pelabuhan Kelas 3 Bawean saat foto bersama para santri dan pendamping.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Gelombang pertama arus balik dari kalangan santri yang berasal dari Pulau tampak di pelabuhan setempat, Rabu (11/5/2022). Rombongan santri yang masuk gelombang pertama menyeberang melalui pelabuhan berjumlah 100 santri lebih. 

Mereka berasal dari salah satu Pondok di Sukorejo, Pasuruan. Para santri menyeberang menggunakan Kapal 8E yang berkapasitas 150 orang.

"Ya, hari ini merupakan arus balik santri gelombang pertama. Alhamdulillah berjalan lancar," kata petugas Kesyahbandaran Pelabuhan Kelas 3 , Ahmad Ali Hanafiah, kepada BANGSAONLINE.com.

Guna melayani arus balik santri, pihak kapal Bahari Express menerjunkan armadanya yang dibagi 2 shif, yakni pemberangkatan pukul 07.00 dan 09.00 WIB. Sedangkan kapal yang diterjunkan yakni Bahari Express 6F dan 8E.

Diungkapkan, kali ini tiket rombongan santri disubsidi sebesar Rp60 ribu oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik. Sehingga para santri cukup membayar tiket sebesar Rp102 ribu dari total harga tiket Rp162 ribu per orang.

"Alhamdulillah, mensubsidi tiket Rp60 ribu per santri. Operator kapal sudah memfasilitasi hal itu," ungkapnya.

Namun, subsidi tiket ini tidak berlaku bagi kalangan mahasiswa yang juga telah melakukan kegiatan kembali ke kampusnya masing-masing.

"Untuk mahasiswa sepertinya belum dapat subsidi pembelian tiket, Pak. Untuk sementara hanya untuk santri," tuturnya.

Jumlah santri yang akan balik ke pondok diperkirakan akan terus berlangsung hingga 14 Mei mendatang. Mereka yang belum balik ke pondok diperkirakan masih ada 300 santri.

Diharapkan, semua santri bisa terakomodir semuanya. Apalagi dari pihak Bahari Express sudah menjalin komunikasi dengan para korlap santri di wilayah . (asa/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO