Mengenal Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2022: Khofifah, Perempuan Pertama yang Menjadi Gubernur Jatim

Mengenal Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2022: Khofifah, Perempuan Pertama yang Menjadi Gubernur Jatim Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., Gubernur Jawa Timur. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Indar Parawansa adalah kader NU yang progresif dan visioner. Bahkan dalam rekam jejaknya ia kerap kali menjadi pioneer. tercatat sebagai perempuan sekaligus kader NU pertama yang menjadi .

Bahkan jauh sebelumnya, ia tercatat sebagai perempuan pertama yang menjadi Ketua Cabang PMII, yakni PC PMII Surabaya. Ia pun perempuan pertama yang memimpin Ikatan Alumni Unair, sebuah perguruan tinggi negeri besar di Jawa Timur.

Dalam literasi hukum konstitusi, juga menorehkan jejak sejarah. Ia lah yang mempopulerkan istilah terstruktur, sistematis, dan masif atau TSM. Istilah itu sampai hari ini menjadi parameter dalam permohonan perkara di Mahkamah Konstitusi.

" ini seorang pioneer, perempuan pertama yang jadi . Selama menjadi gubernur ia berhasil menurunkan angka kemiskinan dan angka covid. Karena itu, ia kami pilih sebagai salah satu dari enam Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2022," terang Koordinator (FJN), Muhamad Didi Rosadi, Selasa (17/05/2022).

Menurut Jurnalis HARIAN BANGSA ini, karir terbilang lengkap. Sebelum di eksekutif, ia telah memulai karir di parlemen. Bahkan karir  di parlemen lumayan lengkap. Ia pernah menjadi pimpinan komisi, fraksi, hingga pimpinan DPR RI. Baik itu saat di PPP maupun di PKB.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':