Sinergitas TNI-Polri Siap Amankan Pilkades Serentak di Sidoarjo

Sinergitas TNI-Polri Siap Amankan Pilkades Serentak di Sidoarjo Sasana saat Cangkrukan Kamtibmas di Balai Desa Pranti, Sedati, Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - TNI-Polri siap amankan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sidoarjo. Sekitar 1.154 personel Polresta Sidoarjo didukung kekuatan pengamanan dari Brimob Polda Jatim, Sabhara Polda Jatim, dan personel TNI siap diturunkan untuk mengamankan pesta demokrasi yang digelar 84 desa di Kota Delta.

“Sampai saat ini hingga nanti pelaksanaan Pilkades serentak 19 Juni 2022, TNI-Polri siap mengamankan dan mewujudkan kondusifitas kamtibmas,” kata , Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro, saat Cangkrukan Kamtibmas di Balai Desa Pranti, Sedati, Rabu (25/5/2022).

Ia mengatakan bahwa sinergitas TNI-Polri tidak hanya turun langsung mengamankan jalannya Pilkades dengan pergeseran pasukan ke desa-desa, namun juga pada netralitas TNI-Polri yang tidak memihak golongan manapun.

“Netralitas TNI-Polri siap diwujudkan dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sidoarjo. Fokus kami adalah menjamin kelancaran dan keamanan Pilkades, begitu pula bila ada pihak lain atau masyarakat yang mengetahui terjadinya pelanggara dalam Pilkades silahkan laporkan kepada kami agar dapat ditindak tegas,” tuturnya.

Hal tersebut juga diungkapkan Komandan Denpom Lanudal Juanda Letkol Laut (PM) Achmad Junaidi. Ia menuturkan, pihaknya siap bersama kesatuan TNI lain dan Polri, menjaga netralitas dalam Pilkades di Kota Delta. 

“Kami tidak memihak manapun, wilayah Sidoarjo harus aman dan kondusif,” kata Achmad.

Sementara itu, Danlanud Muljono Kolonel Pnb Moh. Apon pada kesempatan ini, menyatakan kesiapan TNI dalam mendukung pengamanan Pilkades. Ia menegaskan, kapan saja dan dalam jumlah berapa personel, siap mendukung pengamanan Pilkades serentak Kabupaten Sidoarjo.

“Mari laksanakan Pilkades ini sebagai ajang kontestasi yang sehat dan damai, jangan sampai ada pihak yang mengganggu keamanan dan kondusifitas wilayah kita. Karena TNI-Polri siap total mengamankan Pilkades,” ucap Apon.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sidoarjo, Mulyawan, mengapresiasi kesiapan dan netralitas TNI-Polri dalam mengamankan Pilkades serentak. Dengan demikian, kondusivitas kamtibmas sampai segala tahapan Pilkades selesai pasti terwujud. (cat/mar) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO