Upacara Budaya dan Kirab Gunungan Lima Warnai Puncak Grebek Pancasila di Kota Blitar

Upacara Budaya dan Kirab Gunungan Lima Warnai Puncak Grebek Pancasila di Kota Blitar Wali Kota Blitar Santoso (paling kanan) saat memberikan sambutan dalam acara Puncak Grebeg Pancasila, Rabu (1/6/2022). foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - untuk memperingati digelar di Kota Blitar, Rabu (1/6/2022). Acara dimulai dengan upacara budaya di .

Upacara tersebut dikemas dengan tema 'Bangkit Bersama Membangun Peradaban Bangsa'. Para peserta upacara nampak menggenakan pakaian adat yang melambangkan kebhinekaan Indonesia.

Upacara dimulai pukul 08.00 WIB, diawali dengan pagelaran tari bertema 'Kekuatan Pancasila Membangun Peradaban Bangsa'. Usai upacara, rangkaian acara dilanjutkan dengan Kirab Lambang Negara Pancasila dan Teks Pancasila, disusul kirab Gunungan Lima dari alun-alun menuju area Makam Bung Karno.

Dalam sambutannya, mengatakan semangat persatuan dan kesatuan yang tertuang dalam Pancasila, penting dijadikan acuan untuk bangkit dari keterpurukan. Usai bangsa Indonesia diterpa pandemi Covid-19.

"Persatuan dan kesatuan harus senantiasa kita jaga. Ini menjadi semangat bagi kita semua untuk bangkit bersama dari pandemi Covid-19. Hal ini juga sejalan dengan sila ketiga dari Pancasila. Yaitu persatuan Indonesia," kata .

Lebih jauh, menegaskan bahwa nilai-nilai luhur Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. "Pancasila juga harus terus menjadi nilai-nilai yang hidup dalam kebijakan dan keputusan Pemerintah Kota Blitar," tambahnya..

Rangkaian ditutup dengan kenduri Pancasila di area Makam Bung Karno. Masyarakat Kota Blitar secara umum dapat bersama-sama menikmati gunungan tumpeng. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO