Jadi Percontohan Pengelolaan Sampah di Indonesia, Wagub Emil Apresiasi TPST Samtaku Lamongan

Jadi Percontohan Pengelolaan Sampah di Indonesia, Wagub Emil Apresiasi TPST Samtaku Lamongan Wagub Emil dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup di TPST Samtaku Lamongan, Minggu (5/6/2022).

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com -  mengapresiasi sebagai percontohan pengelolaan sampah yang sudah mulai direaplikasi di berbagai daerah di Indonesia.

"Saya mengapresiasi sebagai percontohan yang sudah mulai direaplikasi di berbagai daerah di Indonesia. Ini bisa mengurangi 70 persen dari apa yang dikirim ke pembuangan terakhir," terang Wagub Emil dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup di TPST Samtaku , Minggu (5/6/2022).

Menurut Emil, sampah merupakan permasalahan yang penting, tidak mudah ditangani dan juga tidak murah. Tidak dapat ditangani dari satu sisi yakni pemerintah saja, melainkan penting pula dari pelaku.

"Pak Bupati menyampaikan bahwa kadang sudah dibangunkan tempat pembuangan sampah, tapi sampahnya dibuang di sebelahnya tidak dibuang ke dalam. Jadi, kalau memang budaya masyarakatnya tidak diperbaiki tidak akan bisa. Nah, anak-anak muda ini yang tergabung sebagai generasi emas millenial (Gen Emil) bisa menjadi penggerak untuk memahamkan itu," katanya.

Ditambahkanya, masyarakat tidak perlu khawatir akan bau busuk yang mungkin timbul jika didirikan tempat pembuangan sampah di sekitar tempat tinggalnya. Karena menurutnya, sampah yang langsung diolah dengan baik, tidak akan menimbulkan bau yang mengganggu.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup di TPST Samtaku , Bupati Yuhronur mengungkapkan bahwa TPST Samtaku efektif dan dapat berjalan dengan baik.

"Dua tahun ini kita sudah bisa mengurangi sampah dan tinggal sekitar 15 sampai 20 persen residu yang kita buang di tempat pembuangan akhir. Kita bisa bayangkan seandainya tidak ada TPST Samtaku ini, pasti TPA kita terus membutuhkan penambahan luas lahan. Dengan adanya tempat ini, sampah dapat diurai dan menghasilkan produk ikutan lain, sehingga ini sangat efektif," ungkapnya.

Menurut nya,, dengan hadirnya Wakil Gubernur Jawa Timur dalam kegiatan tersebut akan mampu mendorong generasi muda untuk bersama berkolaborasi mewujudkan lungkungan yang lebih baik.

"Lingkungan ini adalah milik kita bersama, mari kita selamatkan bumi untuk kehidupan kedepan yang lebih baik," pungkasnya. (qom/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO