Gubernur Khofifah Raih Penghargaan Sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Utama Tahun 2022

Gubernur Khofifah Raih Penghargaan Sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Utama Tahun 2022 Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, mendapat penghargaan tertinggi dari Dewan Koperasi Indonesia. Ia didapuk sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Utama Tahun 2022 lantaran aktif menggerakkan pengembangan koperasi di Jawa Timur.

"Alhamdulillah, penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh gerakan koperasi yang ada di Jawa Timur, atas dedikasinya melestarikan budaya gotong royong dan profesionalisme gerakan koperasi dalam menjalankan sistem perkoperasian," ujarnya di Grahadi, Sabtu (23/7/2022).

"Seiring dengan perkembangan zaman, saatnya koperasi bertranformasi dengan menerapkan digitalisasi dan membentuk pelaku-pelaku koperasi milenial agar kedepan koperasi dapat menjadi Agregator bagi UMKM dan makin banyak yang Go-Global," imbuhnya.

Sejauh ini, kata , perkembangan koperasi di Jatim sangat signifikan, terutama setelah terbitnya undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja. Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Jatim, pendirian koperasi pada tahun 2020-2022 mengalami peningkatan.

"Pesatnya perkembangan koperasi ini menjadi tantangan bagi kami untuk bisa memastikan, mereka berkembang dan berdaya ekonominya. Sebab, total koperasi saat ini di Jatim mencapai 22.965 koperasi," tuturnya.

Menurut dia, koperasi memiliki peran penting dalam hal mendukung pertumbuhan perekonomian di Jawa Timur. Hal itu dapat dilihat dari data per akhir Juni 2022, di mana ada sebanyak 3,97 juta orang yang menjadi anggota dan menjalankan kegiatan koperasi di Jawa Timur.

Dari jumlah tersebut, koperasi se-Jatim telah memberdayakan 144.725 tenaga kerja, dan memutarkan modal sekitar Rp32 trilliun dan menghasilkan SHU sebesar Rp1,33 trilliun. menjalankan berbagai program dalam rangka mendukung kemajuan koperasi di wilayahnya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':