Bupati Kediri Sajikan Nanas Kelud saat Peringatan Hari Koperasi ke-75, ini Tanggapan Gubernur Jatim

Bupati Kediri Sajikan Nanas Kelud saat Peringatan Hari Koperasi ke-75, ini Tanggapan Gubernur Jatim Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sedang mengupas nanas pasir kelud disaksikan Bupati Kediri (kiri). Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - memuji kelezatan yang disajikan oleh saat peringatan Hari Koperasi ke-75 Provinsi Jawa Timur dan pembukaan expo ke-9 di , Surabaya, Rabu (27/7/2022).

Buah yang menjadi primadona bagi pecinta nanas itu memang jadi perbincangan saat memberikan pemaparan tentang Kabupaten Kediri sebagai City of Charm dalam acara tersebut. Pihaknya mengatakan saat ini sedang berupaya menjadikan nanas sebagai produk unggulan, di samping mangga podang, rosella, dan kopi.

“Kalau Ibu Gubernur ada tamu di Grahadi, selalu nyuguhi nanas. Hari ini saya siapkan nanas khusus untuk dicicipi oleh Bu Gubernur serta bupati dan wali kota. Nanas termanis se-Indonesia,” katanya saat mengenalkan yang memiliki ciri khas tanpa duri itu.

Menurut Dhito, sapaan akrabnya, Pemkab Kediri kerja sama dengan IPB mengembangkan nanas tersebut dan kini benihnya telah dipatenkan. Bahkan, diklaim sebagai nanas varietas terbaik di Indonesia.

Menurut Putra Menseskab Pramono Anung itu, seluruh bagian dapat dimanfaatkan, termasuk kulitnya. Sehingga tidak ada bagian yang terbuang sia-sia.

“Maka kita sedang melakukan penelitian dengan perguruan tinggi negeri. Serat nanas ini bisa digunakan untuk menjadi bahan baku pembuatan interior pesawat,” tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':