MUI Jatim Siapkan Fatwa yang Membolehkan Ucapan Selamat Hari Raya untuk Agama Lain

MUI Jatim Siapkan Fatwa yang Membolehkan Ucapan Selamat Hari Raya untuk Agama Lain Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (kiri) bersama Ketua Komisi Fatwa MUI Jatim, KH Ma'ruf Khozin. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - tengah menyiapkan fatwa yang memperbolehkan umat Islam menyampaikan ucapan selamat hari raya bagi agama lain. Fatwa tersebut diharapkan mampu menghentikan polemik di masyarakat terkait permasalahan itu.

Ketua Komisi Fatwa , KH Ma'ruf Khozin, mengatakan bahwa para ulama bakal mengesahkannya pada kondisi tertentu, dan umat Islam diperbolehkan mengucapkan selamat kepada pemeluk agama lain demi menjaga suasana toleransi di masyarakat.

"Setiap tanggal-tanggal tertentu muncul perdebatan yang tak berkesudahan. Maka pada draf yang akan disahkan itu, kita mengikuti beberapa fatwa ulama Timur Tengah yang memperkenankan misalnya pejabat publik, dan pekerja atau orang yang dalam kondisi sosialnya tidak lepas dari saudara yang non-Muslim diperbolehkan. Tapi yang tidak berkepentingan agar jangan ikut-ikutan," ujarnya usai pembukaan Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI se-Jatim di Surabaya, Rabu (27/7/2022).

Selain fatwa ucapan selamat, beberapa hal yang dibahas dalam ijtima ulama ini adalah nasib perempuan yang terlantar karena nikah siri, penggunaan Lem Fibrin sebagai bahan untuk menjahit luka, jerat hutang dalam Paylater di marketplace, dan jual beli dalam Metaverse. Soal nikah siri, Khozin mengaku masih ditemukan kasus bagi seorang perempuan yang tidak memiliki surat nikah dan kemudian ditelantarkan suaminya.

Simak berita selengkapnya ...