Pupuk Nasionalisme dan Cinta Merah Putih, Gubernur Khofifah Bagi 77 Ribu Bendera Merah Putih

Pupuk Nasionalisme dan Cinta Merah Putih, Gubernur Khofifah Bagi 77 Ribu Bendera Merah Putih Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat membagikan bendera ke masyarakat. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Semangat nasionalisme dan cinta tanah air disuntikkan Khofifah Indar Parawansa melalui pembagian 77 ribu bendera merah putih secara gratis.

Sebanyak 77 ribu lembar bendera merah putih tersebut mulai dibagikan Khofifah kepada masyarakat yang telah mendaftar secara online, mulai hari ini di Ruang Binaloka Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan, Surabaya, Selasa (2/8/22).

Dalam kesempatan tersebut menyampaikan bagi-bagi bendera gratis ini tidak sekadar untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI. Gerakan ini merupakan upaya untuk memupuk kecintaan terhadap merah putih dan NKRI.

“Kita memulai pada hari ini 2 Agustus 2022 di Gedung Binaloka Kantor Gubernur Jatim. Sesungguhnya, momentum ini ibarat nabuh gong semangat bersama untuk berkomitmen mengibarkan bendera merah putih. Tidak hanya di bulan Agustus, melainkan ini bagian wujud cinta kita terhadap NKRI,” ujarnya.

Gerakan ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara RI Nomor. B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 Tanggal 12 Juli 2022. Bahwa selama 1 bulan penuh (1-31 Agustus 2022), seluruh masyarakat Indonesia mengibarkan bendera merah putih mulai matahari terbit hingga matahari tenggelam.

Untuk meneruskan SE dari , secara simbolis menyerahkan bendera merah putih kepada lima perwakilan masyarakat dari berbagai latar belakang.

Menurutnya, gerakan pembagian bendera di bulan kemerdekaan akan menjadi momen penting untuk membangun sinergitas bagi seluruh masyarakat. Hal itu bisa dirasakan, bagaimana antusiasnya masyarakat saat mengambil bendera merah putih.

“Saya rasa gerakan untuk mengibarkan bendera selama Agustus diharapkan mendorong penguatan nasionalisme kita,” tuturnya.

Ibarat iman, kata , kadang bertambah dan kadang berkurang. Begitu juga dengan rasa cinta tanah air dan nasionalisme juga bisa berkurang dan bisa bertambah.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':