Polis Asuransi Mobil dan Cara Memilih yang Tepat

Polis Asuransi Mobil dan Cara Memilih yang Tepat Ilustrasi.

BANGSAONLINE.com - Memiliki asuransi mobil menjadi salah satu cara bagi Anda pemilik kendaraan untuk menghindari berbagai risiko yang bisa mendatangkan kerugian. Anda tak perlu khawatir jika kendaraan mengalami kerusakan atau kehilangan, karena akan dilindungi oleh asuransi.

Seperti diketahui, asuransi mobil merupakan produk jaminan finansial yang memberikan perlindungan atas segala risiko yang terjadi pada kendaraan roda empat selama digunakan, seperti kecelakaan, kehilangan, atau pencurian.

Namun, sebelum membeli asuransi mobil, tentu saja ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Salah satunya, mempelajari polis asuransi dan bagian-bagian pentingnya.

Penting sekali memahami keseluruhan isi untuk menghindari kerugian di masa mendatang akibat ketidakpahaman isi polis yang dipilihnya. Dalam polis asuransi, ada berbagai hal seputar produk proteksi perlindungan untuk kendaraan roda empat, termasuk yang dijamin asuransi mobil.

Polis Asuransi

Saat Anda membeli proteksi berupa asuransi mobil untuk kendaraan, maka Anda akan mendapatkan nomor yang berupa kode unik sebagai identitas bahwa pemegang polis terdaftar sebagai nasabah asuransi secara legal dan sah.

Polis asuransi merupakan dokumen legal yang mengikat bagi pemegang polis atau nasabah dan perusahaan asuransi dalam satu perjanjian tertulis.

Perjanjian itu memuat berbagai hal yang harus ditaati oleh kedua belah pihak mulai dari syarat, hak, dan kewajiban masing-masing pihak hingga ketentuan dari prinsip kerja asuransi yang dijalankan.

Setelah memegang polis asuransi, nasabah memiliki kewajiban membayar premi setiap tahunnya. Sedangkan perusahan berkewajiban memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami masalah selama polis masih berlaku.

Fungsi Polis Asuransi Mobil

Jenis polis memiliki syarat, ketentuan, dan manfaat yang berbeda-beda. Misalnya, dalam polis asuransi mobil total loss only (TLO), menawarkan perlindungan 75%.

Dengan begitu, nasabah hanya harus membayar premi yang lebih murah dari jenis polis asuransi lainnya.

Adapun polis asuransi memiliki fungsi yang berbeda untuk pemegang polis dan perusahaan asuransi:

Fungsi Polis bagi Nasabah Pengguna Asuransi (Tertanggung)

Fungsi polis asuransi bagi nasabah pengguna asuransi, yaitu:

  • Menjadi bukti tertulis atas jaminan penanggungan berbagai risiko dan penggantian kerugian yang mungkin terjadi pada tertanggung yang tertulis dalam polis.
  • Sebagai bukti pembayaran premi yang dibebankan oleh pihak perusahaan asuransi mobil
  • Menjadi bukti otentik untuk menuntut perusahaan asuransi jika suatu saat terjadi kelalaian dalam memenuhi jaminan yang menjadi hal nasabah.

Fungsi Polis bagi Perusahaan Asuransi (Penanggung)

Polis asuransi bagi perusahaan asuransi berfungsi sebagai:

  • Bukti tanda terima atas premi asuransi yang telah dibayarkan oleh nasabah
  • Bukti tertulis atas jaminan yang diberikan kepada tertanggung
  • Bukti otentik untuk menolak tuntutan klaim yang diajukan oleh tertanggung jika tidak bisa memenuhi syarat polis.

Cara Memilih Polis Asuransi Mobil

Karena banyak pilihan yang bisa dipilih, maka Anda harus bisa menentukan jenis terbaik agar mendapatkan manfaat maksimal.

Berikut ini cara untuk memilih polis asuransi yang tepat:

1. Pilih yang Sesuai Kebutuhan

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Puluhan Buruh Bengkel Mobil di Pasuruan Demo Tuntut THR Dicairkan':