Sudah Beroperasi, Kemenkop UKM Apresiasi PLUT di Jember

Sudah Beroperasi, Kemenkop UKM Apresiasi PLUT di Jember Asdep Pengembangan Rantai Pasok Kemenkop UKM, Sutarmo, saat memberi sambutan dalam agenda di Jembar.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mengapresiasi adanya Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di karena sudah ada aktivitas layanan. Asdep Pengembangan Rantai Pasok Kemenkop UKM, Sutarmo, memastikannya saat berkunjung ke , Jumat (5/8/2022). 

Ia mengaku telah menyambung silaturahmi dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopum) dan menengok gedung PLUT yang sudah tampak aktif. Sutarmo mengapresiasi Pemkab terkait hal tersebut.

"Kami melihat luar biasa, juga tadi silaturahmi ke dinas koperasi, gedung PLUT, di sana saya lihat sudah ada aktivitas dan sarananya sudah cukup lumayan. Meja, kursi, komputer, SDM, dan lain-lain sudah aktif," ungkapnya.

Saat itu ia berharap bisa menindaklanjuti aktivitas layanan yang ada di PLUT . Sutarmo memaparkan bahwa nantinya PLUT harus meningkatkan status legalitasnya. Sehingga, program layanan tambahan yang ia bahas juga dapat menyasar pada PLUT yang ada di Kota Tembakau.

"Tinggal kita nanti, mudah- mudahan ke depan kami dikasih amanah untuk penguatan program PLUT ini, dengan tambahan layanan lain seperti, Rumah Kemasan. Nanti InsyaAlloh kita akan luncurkan ke sejumlah PLUT yang sudah berbadan hukum (Unit Pelaksana Teknis Daerah)," ujarnya.

"Jadi mohon ke depan, Pusat Layanan Usaha Terpadu yang sudah ada, didorong legalitasnya menjadi UPTD. Sehingga nanti kalau sudah UPTD, itu bisa halal untuk menarik retribusi. Kalo sekarang belum diperkenankan secara hukum," paparnya menambahkan.

Dengan adanya tambahan layanan yang disebutkan, hal itu dapat mendorong kemandirian pada PLUT.

"Karena Rumah Kemasan ini nanti, lebih cepat dapat uangnya dibanding layanan yang lain. Ini sebetulnya di PLUT, idenya itu bisnis, pola yang akan kita gerakkan. Awalnya kita layanan yang kita subsidi dari APBN, berikutnya kalau belum mandiri disubsidi APBD, berikutnya mandiri gitu ya," tuturnya

"Jadi seperti itu konsepnya. Harapan kami nanti setelah ada tambahan layanan yang, katakanlah Rumah Kemasan ini, bisa mempercepat untuk kemandirian PLUT," pungkasnya. (yud/bil/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO