Pimpin Apel Hari Pramuka ke-61, Khofifah Ajak Segenap Anggota Gelorakan Pengabdian Tanpa Batas

Pimpin Apel Hari Pramuka ke-61, Khofifah Ajak Segenap Anggota Gelorakan Pengabdian Tanpa Batas Gubernur Jatim Khofifah saat bersama anggota Pramuka Kwarda Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com -  selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Jatim mengajak segenap anggota untuk terus memberikan pengabdian tanpa batas di segala bidang kehidupan. Hal ini menjadi penguat untuk membangun ketangguhan dan kekuatan bangsa.

Pesan Gubernur Khofifah itu selaras dengan tema Hari ke-61 yakni, "Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa".

“Semangat pengabdian ini telah ditanamkan dalam pendidikan kepanduan Gerakan Indonesia. Saling menolong dalam semangat persaudaran tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan antar golongan. Bagaimana pendidikan kepanduan bisa terus digerakkan dan disemaikan bahwa di dalam gerakan ada semangat kemanusiaan dan cinta alam yang ditanamkan luar biasa,” kata Khofifah saat Apel Besar Peringatan Hari Ke-61 di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (14/8/2022).

Pengabdian tanpa batas itu telah ditunjukkan oleh para anggota . Dalam penanganan Covid-19 misalnya, Kwarda Gerakan Jatim ikut menyukseskan vaksinasi di 38 kab/kota di Jatim. Secara aktif melakukan penyemprotan disinfektan dan pembersihan tempat-tempat ibadah se-Jatim.

“Tidak hanya itu mendorong secara aktif dan berkelanjutan mewajibkan anggotanya untuk menjadi teladan sebagai duta pramuka protokol kesehatan Covid-19, termasuk membagikan masker kepada masyarakat,” ucapnya.

Tidak hanya dalam penanganan pandemi Covid-19, Jatim juga aktif berperan serta di bidang kemanusiaan salah satunya saat bencana alam. Saat gempa bumi di Malang dan bencana Awan Panas Guguran Gunung Semeru beberapa waktu lalu, tidak hanya memberikan bantuan berupa sembako, pakaian dll tapi juga ikut membantu mengevakuasi warga dan mengevakuasi hewan ternak.

“Kwarda Jatim juga terlibat aktif dalam memberikan bantuan bangunan hunian sementara untuk penyintas erupsi Gunung Semeru. Bahkan ikut serta dalam penanggulangan wabah penyakit kuku dan mulut hewan ternak,” terangnya.

Tidak hanya itu, para pramuka juga terlibat dalam menjaga pelestarian lingkungan melalui penghijauan, penanaman mangrove, membersihkan pesisir pantai, mendorong tercapainya program ketahanan pangan dan berbagai bakti pramuka lainnya.

“Kepada seluruh anggota pramuka Jawa Timur, teruslah mengabdi dan siap menolong siapapun yang membutuhkan bantuan. Percayalah, apa yang kita lakukan, akan menjadi ladang amal bakti kebaikan yang bernilai ibadah,” pintanya.

“Teruslah tingkatkan produktivitas pramuka, terus tingkatkan pengabdian pramuka, teruslah peduli terhadap sesama, teruslah jaga lingkungan hidup, terus bantulah mayarakat yang membutuhkan dan selalu hadirlah ditengah-tengah masyarakat,” imbuhnya.

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO