Bersih-Bersih Lahan untuk Parkir Wagos, Warga Gosari Gresik Temukan Situs Purbakala Era Majapahit

Bersih-Bersih Lahan untuk Parkir Wagos, Warga Gosari Gresik Temukan Situs Purbakala Era Majapahit Warga Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Kabuipaten Gresik saat menemukan situs purbakala d temat Wisata Wagos. foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Warga , , , dibuat heboh pada Selasa (20/9/2022) kemarin.

Pasalnya, mereka dikagetkan dengan penemuan yang ditengarai masih merupakan peninggalan .

Penemuan situs itu terjadi ketika seorang warga melakukan bersih-bersih lahan yang akan digunakan untuk parkir ().

Benda purbakala itu sejenis bebatuan merah yang dijejer. Benda itu kemungkinan tempat pembakaran tembikar. Ukurannya sekitar 3 kali 1 meter.

Zainal Abidin, salah satu warga setempat mengatakan bahwa temuan itu akan mengungkap dan memberikan fakta sejarah jika Gosari merupakan tempat industri tembikar.

"Awalnya, kami ingin membersihkan lahan ini untuk parkir Wisata dan ketemu bangunan sepertinya tempat pembakaran tembikar," ungkap Zainal, Rabu (21/9/2022).

Ia menuturkan, di area itu juga ditemukan bekas pecahan tembikar, serta bebatuan sejenis gerabah atau guci. Agar tidak rusak, tempat itu kini sudah dipasang garis polisi (police line).

Saat penemuan itu, Zainal mengaku bersama warga lain memutuskan untuk menghentikan pekerjaannya. Kemudian, melapor ke pemerintah desa serta pengelola wisata.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Murah Meriah, Wisata Lembah Djati Tawarkan Kebun Bunga dan Spot Foto Instagramable':