Polemik Air di Sumber Pitu, Ki Suryo: Petani Hanya Dicatut Dijadikan Alat Tagih

Polemik Air di Sumber Pitu, Ki Suryo: Petani Hanya Dicatut Dijadikan Alat Tagih

MALANG, BANGSAONLINE.com - Polemik Sumber Air yang berdampak terhadap ribuan pelanggan di Kota Malang, tampaknya belum bisa tuntas dalam waktu dekat. Diketahui akibat penyegelan , air ke ribuan pelanggan sempat mengecil dan mati.

Ki Suryo, tokoh masyarakat serta pelaku aksi penolakan eksploitasi pada tahun 2014, menyatakan aksi penyegelan pada Senin (12/09/2022) bukan berasal dari kelompoknya yang melakukan aksi serupa pada tahun 2014. Walaupun, kelompok yang melakukan penyegelan juga mengatasnamakan diri Forum Penyelamat .

"Bahwa, jika aksi beberapa waktu yang lalu adalah bukan dari petani ataupun kelompok tani yang ada di wilayah Tumpang dan Pakis. Kalau aksi kemarin yang mengatasnamakan Forum Penyelamat , itu siapa? Yang jelas itu bukan dari petani dan kelompok tani yang ada di wilayah Tumpang dan Pakis. Saya tegaskan sekali lagi itu bukan kami," ungkap Ki Suryo saat ditemui di kediamannya, Kamis (22/09/2022).

Ia menegaskan, Forum Penyelamat bentukannya sudah tidak ada lagi. Forum tersebut dibentuk tahun 2014 silam, saat ada rencana dari untuk melakukan eksploitasi air guna kepentingan komersial.

"Forum itu dibentuk untuk menolak pembangunan tandon air PDAM Kabupaten Malang yang mengambil air dari . Namun kenyataannya, eksploitasi tetap berlanjut, dan petani juga tidak mempermasalahkan dari 2014 hingga saat ini," terangnya.

Pihaknya menegaskan, saat ini sudah tidak mempermasalahkan distribusi air ke Kota Malang.

Simak berita selengkapnya ...