Pemkab dan Bea Cukai Sidoarjo Ekspor Produk UMKM ke Singapura

Pemkab dan Bea Cukai Sidoarjo Ekspor Produk UMKM ke Singapura Suasana ekspor produk makanan buatan pelaku UMKM Kota Delta yang dilakukan di Kantor Bea Cukai Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab bersama Bea Cukai setempat mengekspor produk makanan buatan pelaku UMKM Kota Delta ke Singapura. Agenda tersebut berlangsung di halaman kantor Bea Cukai , Jumat (22/9/2022).

“Ini adalah hasil kerja kolaboratif banyak pihak, dari hulu hingga ke hilir. Kerja panjang yang diawali dari mimpi yang kemudian coba diterjemahkan bersama-sama menjadi kegiatan edukasi dan juga pelatihan, kurasi produk, bussiness matching untuk menemukan buyer, hingga proses pengiriman barang untuk sampai ke mancanegara,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro , Mohamad Edi Kurniadi.

Ia menyebut, barang yang diekspor kali ini berupa snack, makanan serta bumbu hasil buatan delapan pelaku UMKM di . Menurut dia, hal ini bukan semata kejelian membaca dan menangkap peluang saja, apalagi sederet persyaratan di negara tujuan harus dituntaskan. 

“Pemilihan mutu dan kualitas bahan baku mutlak diperlukan. Kemasan yang cantik juga menjadi salah satu daya tarik pemasaran. Berderet sertifikat diperlukan konsumen sebagai jaminan mutu, kualitas dan yang terpenting standar kesehatan biaya, konsistensi dan transparansi menjadi fokus utama. Hingga di hadapan kita kini, terciptalah karya UMKM Indonesia, yang hari ini sama-sama diperjuagkan tembus pasar Singapura," paparnya.

“Kita semua mengetahui Singapura bukan negara produsen. Kebutuhan masyarakatnya dipasok dari luar negeri seperti negara-negara tetangganya. Singapura bak etalase dagang yang sangat besar. Test market ini, tidak saja dalam rangka membidik pasar Singapura, lebih jauh kita berharap melalui Singapura, produk kita akan membanjiri pasar mancanegara,” imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':