Berharap Kekerasan Siswa Tak Terulang, Anggota DPRD Jatim Dorong Kewajiban Sekolah Ramah Anak

Berharap Kekerasan Siswa Tak Terulang, Anggota DPRD Jatim Dorong Kewajiban Sekolah Ramah Anak Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Adam Rusydi.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Adam Rusydi, meminta Dinas Pendidikan Provinsi maupun Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota agar memaksimalkan program sekolah yang ramah anak (siswa, red) dan aman bagi siswa. Sebab, ini adalah bentuk antisipasi terulangnya kasus kekerasan siswa kepada siswa yang lain hingga menimbulkan korban meninggal dunia seperti yang terjadi di Jember dan .

Ia mengatakan, jika bullying berujung kekerasan itu rentan terjadi di sekolah-sekolah. Oleh karena itu, dirinya meminta agar pihak sekolah atau lembaga pendidikan meningkatkan pengawasan dan menjadikan sekolah sebagai tempat yang nyaman bagi anak-anak saat mengenyam pendidikan.

"Lingkungan sekolah harus bisa menjadi rumah kedua para siswa. Guru menjadi Orang Tua dan teman-teman siswa lainya bisa menjadi saudara. Oleh karenanya sangat perlu dibentuk Komite Sekolah yang didalamnya ada wali murid selaku orang tua dan pihak sekolah dalam hal ini Guru untuk memantau perkembangan siswa dilingkungan Sekolah," katanya, Rabu (28/9/2022).

Adam mengungkapkan, kejadian kekerasan di dunia pendidikan hingga memakan korban siswa kelas X Insan Cendekia Mandiri (ICM) , adalah bentuk kurangnya pengawasan dari pihak sekolah.

"Pihak sekolah kurang pengawasan pada siswanya, sehingga pertengkaran yang berujung pada salah satu siswa akhirnya meninggal dunia. Saya meyakini jika pihak sekolah melakukan pengawasan dengan benar pasti kejadian itu tidak bakalan terjadi," ungkapnya.

"Apalagi informasi yang saya terima CCTV yang dimiliki sekolah itu rusak, dan tidak diperbaiki. Sehingga tidak bisa merekam kegiatan siswa diluar kelas. Menurut saya ada kelalaian dari pihak lembaga pendidikan tersebut, jika CCTV itu berfungsi dan tau ada siswanya berkelahi kan bisa guru atau pihak keamanan sekolah langsung melerai kejadian tersebut sehingga tidak sampai menimbulkan korban," beber Adam.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':