Resmikan Asrama Ponpes Al Fattah Sidoarjo, Gubernur Khofifah Tegaskan 4 Hal untuk Santri

Resmikan Asrama Ponpes Al Fattah Sidoarjo, Gubernur Khofifah Tegaskan 4 Hal untuk Santri Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat meresmikan Asrama Ponpes Al Fattah Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meresmikan gedung asrama putra di Pondok Pesantren Al Fattah, , Minggu (9/10/2022). Saat itu, ia menegaskan 4 hal dalam proses belajar mengajar, terutama bagi santri, yakni ta'lim (pengajaran), tadris (pembelajaran), ta'dib (kesantunan), dan tarbiyah (pengasuhan). 

"Empat konsep pendidikan tersebut dilaksanakan dengan tujuan membentuk manusia yang berakhlakul karimah, sekaligus pintar dan benar. Semua lembaga pendidikan punya tugas dan fungsi terkait empat item ini," ujarnya. 

Menurut dia, tarbiyah atau proses pengasuhan bisa berjalan lebih intens ketika santri berada di pesantren yang berbasis asrama. Kemudian, lanjut Khofifah, Ta'dib atau proses keberadaban atau kesantunan bisa dijaga, diintroduksi, dan diamalkan secara lebih intens.

"Oleh karena itu, harapannya adalah ketika ada profesional dari berbagai sektor maka penguatan dari sisi kesantunan atau keberadaban sangatlah penting. Termasuk kekuatan dari pengasuhan itu juga penting," tuturnya.

Gubernur memaparkan, sejumlah format pendidikan jika dikemas dalam pendidikan di pesantren menjadi sebuah lembaga yang dapat menghadirkan Islam rahmatan lil alamin. Artinya, Islam yang meneteskan dan menyemai damai dan kasih bagi seluruh alam dan membangun hubungan harmoni antara manusia dengan manusia juga antara manusia dengan alam.

"Menyemai kasih bagi lingkungan hidup berarti tidak merusak lingkungan. Misalnya untuk mewujudkan target net zero emisi, maka bagaimana hubungan antara manusia dengan alam itu bisa dibangun," ucapnya.

"Misalnya dengan nandur, hubungan manusia dengan alam dibangun dengan melakukan katakan efisiensi dari teknologi yang bisa memberikan kemudahan-kemudahan dari aksesibilitas seluruh kehidupan masyarakat. Ini hubungan manusia dengan alam," imbuhnya.

Di pesantren, kata Khofifah, hubungan antara manusia dengan Allah serta hubungan antara manusia dengan manusia sudah kuat. Tinggal bagaimana membangun keseimbangan serta menguatkan hubungan antara manusia dengan alam.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO