Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, Anggota DPR RI ini Gandeng Mahasiswa IAIN Kediri

Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, Anggota DPR RI ini Gandeng Mahasiswa IAIN Kediri Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem, Nurhadi, saat menyampaikan paparan di hadapan mahasiswa IAIN Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Anggota DPR RI dari Fraksi , Nurhadi, melakukan sosialisasi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara (, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika) di Auditorium , Sabtu (15/10/2022)

Dalam agenda bertajuk 'Revitalisasi Ideologi Peradaban Indonesia Emas', ia menyampaikan pentingnya mengamalkan dalam kehidupan bernegara di tengah kemajemukan bangsa. Menurut Nurhadi, di Indonesia ini terdapat banyak suku bangsa, beraneka ragam aliran dan kepercayaan, serta bahasa yang berbeda-beda antardaerah yang tentunya menjadikan watak dan karakteristik yang berbeda juga.

"Tapi kita tetap bersatu, itu karena pemahaman dan pengamalan pancasila dan bhinneka tunggal ika," ujarnya.

Ia mencontohkan kondisi di Timur Tengah yang ada sedikit suku dan aliran kepercayaan seperti di Syiria dan di Yaman, tapi kondisinya tidak aman, antarwarga negara saling berselisih dan sering terjadi terjadi bertumpahan darah.

"Di sini, di Indonesia, kita hidup dengan nyaman, kita sudah tidak pernah mendengar lagi perang antarsuku, perang antaragama. Nah, peran kita, peran mahasiswa adalah menjaga kehidupan dan kerukunan bangsa kita yang majemuk ini," tuturnya.

Nurhadi juga bercerita bahwa dia senang mendengarkan tausyiah yang mencerahkan serta mencerdaskan, dan di dalamnya memberikan pemahaman tentang kebangsaan. Sebaliknya, dia tidak suka melihat ceramah yang isinya mengklaim kebenaran dengan mendiskreditkan kelompok lain.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO