Makam 8 Karateka ‘Pahlawan Cinta Kasih’ Resmi Jadi Ikon Baru Kota Batu

Makam 8 Karateka ‘Pahlawan Cinta Kasih’ Resmi Jadi Ikon Baru Kota Batu Wali Kota Dewanti Rumpoko secara resmi menjadikan makam 8 karateka menjadi Ikon Baru Kota Batu, Rabu (19/10/2022).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Kota Batu resmi memiliki ikon baru, yaitu Makam 8 Karateka Pahlawan Cinta Kasih dan S. A. yang berada di Jalan Suropati Gang Karate, Kelurahan Ngaglik, Kota Batu. Penetapan ikon baru itu diresmikan langsung oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Rabu (19/10/2022).

"Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas pengorbanan dan cinta kasih atas meninggalnya 8 karateka tersebut, Pemerintah Kota Batu menetapkan Makam Delapan Karateka ‘Pahlawan Cinta Kasih’ sebagai Ikon Baru Kota Batu," ujar Dewanti.

Sekadar diketahui, 8 karateka yang dimakamkan di Jalan Suropati Gang Karate merupakan korban tragedi di Pantai Ngliyep, Kabupaten Malang, 5 September 1976. Peristiwa itu menjadi momen paling bersejarah bagi Perguruan Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai

"Ini adalah tempat yang harus kita hormati, kita jaga, dan kita jadikan tempat bersejarah. Tempat ini menunjukkan bagaimana karateka memiliki cinta kasih dan moral yang tinggi," kata Dewanti.

Dewanti menambahkan, ikon ini bisa menjadi bukti pembelajaran bagi generasi muda untuk memiliki karakter dan mental yang baik.

“Semoga monumen ini bisa menjadikan kita terus ingat, cinta kasih akan mengalahkan kekuatan apapun. Sebagai generasi muda kita, harus bisa saling menghormati dan semoga kita semua bisa berbuat kebaikan dengan cinta kasih,” imbuhnya.

Sementara Setia Budhijanto, wakil keluarga karateka, mengaku tak bisa melupakan tragedi Pantai Ngliyep. Ia berharap, Perguruan Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai akan melahirkan manusia-manusia bermental baja dan memiliki spiritual tinggi.

“Perguruan ini adalah tempat penggemblengan mental spiritual dengan disiplin tinggi dan berkemampuan mawas diri. Semoga akan melahirkan manusia-manusia yang berkualitas,” katanya. (adi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO