5 Cara Merawat Ginjal Tetap Sehat

5 Cara Merawat Ginjal Tetap Sehat Ilustrasi Ginjal. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Ginjal memiliki peran penting dalam membuang hasil metabolisme tubuh serta melakukan filtrasi cairan dalam darah. Jika fungsi ginjal dalam tubuh manusia terganggu maka akan terjadi beberapa komplikasi, selain itu kualitas hidup akan menurun.

Maka dari itu sangat penting merawat kesehatan ginjal di dalam tubuh. 

Berikut 5 cara menjaga ginjal agar tetap sehat, yaitu:

1. Penuhi asupan air yang cukup

Anjuran asupan air dalam sehari ialah 8 gelas air per hari atau kurang dari 2 liter per hari. Air dapat mengeluarkan zat beracun dan natrium melalui ginjal. Dengan minum air yang cukup dapat menurunkan resiko penyakit ginjal. Jumlah asupan air perlu disesuaikan juga dengan kondisi iklim yang terjadi.

Jika Anda memiliki penyakit ginjal atau jantung dan hati asupan air perlu disesuaikan untuk terus menjaga kesehatan Anda.

2. Hindari Merokok

Merokok dapat memperlambat aliran darah menuju ginjal. Ketika lebih sedikit darah mencapai ginjal, maka fungsi ginjal normal akan menurun. Merokok juga dapat meningkatkan 50% resiko .

3. Perhatikan Konsumsi Obat Anti Nyeri

Obat anti nyeri/NSAIDS dapat membahayakan ginjal jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Jika Anda mengalami penurunan fungsi ginjal, mengonsumsi beberapa dosis obat anti nyeri dapat membahayakan ginjal Anda. Konsultasikan ke dokter untuk memastikan dosis obat anti nyeri yang sesuai.

4. Konsumsi Makanan yang Sehat

Orang yang memiliki kelebihan berat badan/obesitas dapat beresiko penyakit ginjal. Maka dari itu penting untuk mejaga pola makan yang sehat. Mengonsumsi garam sebagai penyedap rasa yang dikurangi dapat membuat ginjal lebih sehat. Rekomendasi asupan garam bagi manusia dalam sehari adalah 5-6 gram.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO