Hari Santri Nasional 2022: Pesan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Hari Santri Nasional 2022: Pesan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Pada 2022 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober, Menteri Agama mengajak santri untuk mendo'akan pahlawan yang telah berjasa terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang mati syahid demi kemaslahatan umat.

2022 mengusung tema "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan". Makna dari tema tersebut ialah bahwa santri dalam sejarahnya selalu terlibat aktif dalam tiap fase perjalanan perjuangan Indonesia. Satri selalu siap sedia mendarmabaktikan dirinya untuk bangsa dan negara Indonesia.

Adapun peristiwa sejarah yang digagas oleh santri dan kiai nya ialah saat terjadinya Resolusi Jihad yang digelorakan oleh Kiai Hasyim Asy'ari. Resolusi tersebut membakar semangat para pemuda untuk bahu membahu melawan Belanda.

Pada pertempuran 5 hari di Semarang tahun 1945 para santri menjadi garda terdepan dalam perjuangan menghadapi penjajah.

"Catatan sejarah dapat menunjukkan bahwa para santri Indonesia dengan segala kemampuannya dapat menjadi apa saja. Sehingga mengasosiasikan santri hanya dalam bidang keagaaman saja tidaklah tepat. Saat ini santri telah merambah ke berbagai bidang profesi, memiliki keahlian yang beragam bahkan menjadi pemimpin negara", ujar Yaqut.

"Maka dari itu doakanlah bangsa dan ulama, jaga martabat kemanusiaan", pesan dari Menteri Agama, . (ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO