7 Makanan Penambah Trombosit untuk Obati DBD

7 Makanan Penambah Trombosit untuk Obati DBD Wortel merupakan salah satu makanan penambah trombosit DBD. (foto: pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Musim penghujan yang telah memasuki sebagian besar wilayah Indonesia, membuat masyarakat lebih waspada. Pencegahan yang lebih dini wajib Anda persiapkan agar tak mudah terserang penyakit, termasuk penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Genangan air yang disebabkan air hujan bisa menjadi ancaman karena akan menjadi sarang nyamuk berkembang biak. Lingkungan yang kotor menjadi pemicu penyebaran berbagai penyakit dapat terjadi dengan mudah.

Ada banyak jenis nyamuk yang harus kita waspadai saat musim hujan sekarang ini.  atau adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Gangguan ini dapat berbahaya hingga menyebabkan resiko kematian, karena bisa menurunkan trombosit di dalam tubuh.

Trombosit atau yang biasa disebut keping darah berperan penting dalam proses pembekuan darah, mendeteksi kelainan, dan mendiagnosis berbagai penyakit karena gangguan pada penggumpalan darah.

Karena itu, gangguan yang ada pada trombosit harus segera diobati supaya tidak berakibat fatal. Mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan trombosit pada tubuh merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan.

Makanan Penambah Trombosit pada Tubuh

Saat penderita terserang demam berdarah, tubuhnya akan mengalami penurunan kadar trombosit. Jumlah trombosit yang terlalu rendah bisa berakibat mengalami beberapa gejala seperti: terdapat darah pada urine atau tinja, kulit lebih mudah memar, tampak ruam berwarna ungu kemerahan pada kulit, mudah lelah, kulit dan mata tampak lebih kuning, pendarahan pada gusi, limpa menjadi besar, dan sering mimisan. 

Penanganan medis harus segera dilakukan jika ingin menghindari trombosit rendah. Mengonsumsi makanan sehat ini bisa membantu meningkatkan jumlah trombosit. Berikut diantaranya:

1. Jambu Biji

Mengonsumsi jambu biji merupakan cara efektif yang dapat dilakukan untuk menambah jumlah trombosit pada saat tubuh terkena demam berdarah.

Buah ini mengandung zat aktif trombino yaitu zat yang mampu meningkatkan trombopoietin yang menghasilkan keping darah lebih banyak.

Trombopoietin sendiri berfungsi sebagai pengatur utama produksi trombosit yang dihasilkan oleh ginjal dan hati.

Buah yang satu ini memang cukup dikenal bisa membantu seseorang yang terkena demam berdarah. Banyak penderita yang akan memakan langsung buah ini atau mengolahnya menjadi jus buah.

2. Kurma

Kurma adalah tanaman palma dalam genus Phoenix yang dijadikan makanan pokok di daerah Afrika utara dan Timur Tengah.

Dalam kandungan terdapat banyak mineral, fitonutrien, dan vitamin yang baik bagi kesehatan. 

Vitamin K dalam dapat dipercaya meningkatkan trombosit. Selain itu buah yang satu ini juga mengandung vitamin B5, vitamin B3, vitamin B2, vitamin B1, vitamin C, dan vitamin A.

Kurma mengandung kalsium, fosfor, magnesium, zinc, dan potasium.

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO