Lewat Lomba CCLN, Disdik Kota Kediri Pacu Daya Literasi dan Numerasi Anak

Lewat Lomba CCLN, Disdik Kota Kediri Pacu Daya Literasi dan Numerasi Anak Para peserta saat mengikuti lomba secara online. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setelah berhasil dengan lomba website pembelajaran jenjang SD, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota kembali menggelar kompetisi bagi siswa SD di wilayahnya, yakni literasi dan numerasi (CCLN), Selasa (8/10/2022).

Lewat ajang tersebut, Pemkot berniat memacu intelegensi peserta didik sejak dini dalam bidang terkait. Plt. Kepala Disdik Kota , Marsudi, mengatakan bahwa capaian literasi dan numerasi peserta didik di Kota Tahu sebesar 37 persen, lebih tinggi daripada rata-rata provinsi dan nasional.

"Meski demikian kami menargetkan capaian 100 persen. Jadi berbagai upaya kami galakkan, salah satunya melalui ini untuk mengukur dan memacu kemampuan peserta didik di bidang literasi dan numerasi," ujarnya.

Menurut dia, literasi dan numerasi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh setiap anakm karena kemampuan itu penting dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari berkomunikasi, menganalisa, berhitung, dan sebagainya.

"Lomba ini diikuti oleh seluruh siswa SD di Kota baik negeri maupun swasta. Ada sekitar 14.298 peserta lomba yang mengikuti CCLN ini. Peserta merupakan siswa-siswi SD di Kota kelas 4, 5, dan 6," paparnya.

Di babak pertama ini, lanjut Marsudi, panitia akan menyeleksi ribuan peserta yang ikut tersebut dengan sistem ranking. Mereka diminta untuk mengerjakan 50 soal (30 literasi dan 20 numerasi) secara online melalui sekolahnya masing-masing dengan tetap terhubung oleh zoom untuk melakukan pengawasan dibantu oleh guru sekolah masing-masing.

"Dari babak ini nanti akan kita ranking 3 peserta dengan nilai tertinggi di setiap kecamatan untuk kemudian melaju ke babak final di tingkat kota. Jadi nanti total ada 9 peserta, 3 Kecamatan Pesantren, 3 Kecamatan Kota dan 3 Kecamatan Mojoroto," ungkapnya.

"Selanjutnya, untuk babak final, rencananya akan di laksanakan pekan depan, tepatnya tanggal 21 November 2022 di sport center Universitas Nusantara PGRI Kota ," pungkasnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO