6 Camilan atau Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes

6 Camilan atau Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes Buah stroberi termasuk makanan sehat bagi penderita diabetes. (foto: pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Diabetes adalah penyakit yang dapat dialami oleh siapa saja dan tidak memandang usia. Terlebih lagi penyakit ini dapat terjadi karena faktor keturunan. Memiliki gula darah yang tinggi artinya harus memastikan asupan nutrisi makanan yang kita konsumsi agar tubuh kita tetap sehat.

Bagi para penderita diabetes tentunya memiliki kemampuan mengatasi masalah tersendiri dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Karena apabila kita tidak mengikuti anjuran dalam mengonsumsi makanan,maka akan mengakibatkan gula darah di dalam tubuh semakin tinggi atau rendah. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang mengandung protein, lemak, dan serat yang tinggi agar dapat mendukung pengendalian kadar gula darah.

Berikut ini terdapat beberapa pilihan cemilan atau makanan sehat bagi penderita diabetes.

1. Apel

Buah apel merupakan buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain memiliki rasa konsumsi yang manis, buah ini juga mengandung vitamin A, C serta rendah kalori. 

Buah Apel mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mencegah berbagai macam penyakit. Para penderita diabetes bisa mengonsumsi apel sebagai camilan atau makanan yang sehat. Serat buah apel yang tinggi dapat membendung rasa lapar lebih lama. Mengonsumsi buah ini sebelum makan dapat berguna sebagai pengontrol kalori.

2. Kacang Almond

Sejenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan banyak nutrisi. Kacang almond merupakan camilan atau makanan bergizi. 

Dalam satu porsi Kacang almond (28 gram) terdapat lebih dari 15 mineral dan vitamin yang dapat memantau diabetes. 

Selain itu, kacang almond mampu mengontrol kadar gula darah, menekan resistensi insulin, dan bisa menyehatkan jantung. Namun dengan kalori yang tinggi di dalamnya, penderita diabetes harus membatasi cukup dengan segenggam per hari.

3. Alpukat

Buah yang satu ini kaya nutrisi dan sangat menyehatkan. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh yang terdapat di Alpukat baik untuk mengontrol gula darah dan kesehatan jantung.

Alpukat juga mengandung serat tinggi, sekitar 13 gram serat yang baik untuk tubuh kita. Persea americana nama ilmiah buah ini dapat dikonsumsi sebagai sajian dressing salad atau dimakan secara langsung.

4. Telur Rebus

Telur rebus adalah telur yang dimasak dalam air mendidih, masih dalam keadaan terbungkus cangkang telur. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO