Keris Aeng Tong-Tong Jadi Suvenir KTT G20, Gubernur Khofifah: Masyarakat Jatim Bangga

Keris Aeng Tong-Tong Jadi Suvenir KTT G20, Gubernur Khofifah: Masyarakat Jatim Bangga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi Desa Wisata Aeng Tong-Tong, beberapa waktu lalu.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dijadikannya keris asal , Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, sebagai suvenir resmi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, membuat Indar Parawansa bangga.

Menurutnya, hal itu harus dijadikan motivasi bagi dalam melestarikan keris yang notabene budaya bangsa yang memiliki nilai-nilai dan filosofi yang tinggi.

Apalagi, keris Indonesia sudah dikukuhkan sebagai warisan budaya dunia non-bendawi manusia oleh UNESCO di tahun 2005.

"Orang Jawa Timur harus berbangga karena kerajinan asal Bumi Majapahit ini menjadi suvenir para delegasi negara-negara . Semoga keris dari desa ini dapat merambah pasar ekspor dan semakin mendunia," ungkap di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, Rabu (16/11/2022).

meyakini, usai perhelatan , nama , Kabupaten Sumenep juga akan semakin terangkat. Apalagi, tahun 2014 lalu, desa ini juga dinobatkan oleh UNESCO sebagai satu-satunya desa wisata dengan terbanyak di dunia.

Desa Aeng Tong-Tong juga berhasil menyabet dua gelar luar biasa. Pertama, memecahkan Rekor MURI sebagai desa dengan terbanyak di dunia. Dan kedua, Desa Aeng Tong-Tong juga dinobatkan sebagai Juara I ADWI 2022 kategori daya tarik pengunjung.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':