Menengok Cara Kecamatan Pesantren Kediri Tarik Wisatawan

Menengok Cara Kecamatan Pesantren Kediri Tarik Wisatawan Gunungan yang dibuat dari berbagai makanan hasil bumi sebagai tanda mengawali kirap budaya di Sumber Banteng. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Festival bertajuk Sedekah Bumi, Kirab, dan Pagelaran Budaya yang digelar di objek wisata Sumber Banteng, Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, Kota , berlangsung meriah, Minggu (27/11/2022).

Agenda tersebut terselenggara melalui sinergi antara Pemkot , dalam hal ini Kecamatan Pesantren dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sumber Banteng untuk menarik wisatawan di kemudian hari.

Acara diawali dengan kirab yang membawa Gunungan dan dibuat dari berbagai makanan hasil bumi, setelah itu dilarungkan di area Sumber Banteng. Masyarakat di lokasi langsung berebut untuk mendapatkan bagian dari gunungan yang menjadi salah satu daya tarik dari kegiatan ini.

Camat Pesantren, Widiantoro, mengatakan bahwa Festival Sumber Banteng sudah menjadi festival tahunan yang bertujuan untuk menarik wisatawan agar mau berkunjung ke Kota Tahu. Mengingat, Kota di masa depan akan banyak didatangi oleh para pendatang efek dari dibangunnya Bandara dan Jalan Tol.

"Kota kedepan diprediksi akan banyak para pendatang, untuk itu kita harus menangkap peluang agar menarik wisatawan agar mau berkunjung ke Kota khususnya Sumber Banteng ini," ujarnya.

Selain sebagai simbol rasa syukur, acara yang digelar di atas air Sumber Banteng itu juga untuk melestarikan budaya lokal yang saat ini mulai terkikis oleh zaman. Menurut dia, masyarakat harus ikut menjaga kelestarian seni budaya lokal, karena hal tersebut juga menjadi daya tarik wisatawan untuk mau berkunjung ke Kota .

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO