150 Pasangan Pengantin di Pamekasan Ikuti Itsbat Nikah Berlangsung Meriah

150 Pasangan Pengantin di Pamekasan Ikuti Itsbat Nikah Berlangsung Meriah 150 pasangan pengantin mengikuti itsbat nikah di Mandhapa agung Ronggosukowati, Senin (28/11/2022)

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menggelar itsbat nikah yang digelar di Mandhapa Agung Ronggosukowati, Senin (28/11/2022).

Itsbat nikah tersebut, diikuti 150 pasangan yang berasal dari 13 kecamatan se-Kabupaten berlangsung meriah. Sebab, pasangan nikah massal itu, diarak dari luar hingga ke dalam Mandhapa Agung dengan diiringi musik rebana.

Secara simbolis, Bupati , Baddrut Tamam menyerahkan akta nikah kepada 4 pasangan suami istri peserta itsbat nikah.

Dalam sambutannya, bupati juga mendoakan para peserta nikah massal, agar menjadi keluarga sakina, mawadah, warohmah, harmonis, bahagia dan rukun.

“Rasanya pasti senang, bahagia. Kita juga bisa membahagiakan orang banyak, bersyukur dan banyak bersholawat agar vibrasi cinta semakin masif sehingga menjadi keluarga yang harmonis dengan pengantin-pengantin yang lain. Semuanya ikut bareng-bareng, happy lah,” ungkpanya.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setkab , Abrori Rais mengatakan itsbat nikah ini digelar bertujuan agar masyarakat mendapatkan hak-hak keluarga dan memberikan jaminan perlindungan serta kepastian hukum terhadap suami, istri dan anak.

“Pelaksanaan itsbat nikah telah dilakukan tahap pertama ada 128 pasang yang digelar di Kecamatan Pegantenan dan di Kantor Urusan Agama Kabupaten , tahun 2022 merupakan kegiatan yang dianggarkan dari APBD ,” jelasnya.

Ia menjelaskan, 150 pasangan peserta nikah massal yang digelar oleh Pemkab ini, berasal dari Kecamatan Pasean 10 pasangan, 12 pasangan dari Kecamatan Palengaan, 10 Pasangan dari Kecamatan Larangan, 12 pasang dari Kecamatan Pakong, 20 pasangan dari Kecamatan Pegantenan, 11 pasangan dari Kadur, 10 pasangan dari Waru, 4 pasangan dari Pademawu dan 39 pasangan dari Kecamatan Proppo.

“Nantinya pada bulan Desember 2022 ada 22 pasangan yang berasal dari Kecamatan Palengaan sebanyak 7 orang dan 15 pasangan dari Kecamatan Proppo, akan kembali digelar yang ketiga tutup Abrori Kabag Kesra Kab Jawa Timur," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir juga Plh Sekretaris Daerah, Ketua Komisi 4 DPRD , Kepala Kemenag, Kepala KUA dan seluruh Camat Kabupaten . (dim/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO